Selasa, 23 Jul 2013 08:50 WIB

Manfaat Hebat Ceri: Atasi Asam Urat dan Tingkatkan Libido

- detikHealth
ilustrasi (Foto: Getty Images)
Jakarta - Si kecil merah yang manis ini tak hanya membuat tampilan kue menarik, tetapi juga punya serentetan manfaat sehat. Ya, buah ceri diyakini mampu mengatasi sejumlah keluhan kesehatan, misalnya saja asam urat.

Nah, berikut ini beberapa manfaat hebat dari si kecil ceri, seperti dikutip dari Femalefirts, Selasa (23/7/2013):

1. Membantu Pemulihan Otot

Menurut penelitian, ceri mengandung sifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi nyeri otot. Sebuah studi yang dilakukan oleh Oregon Health dan Science University di Amerika juga menunjukkan bahwa atlet yang minum jus ceri sebelum lari jarak jauh, lebih sedikit mengalami nyeri otot setelah perlombaan daripada mereka yang minum minuman buah lainnya.

2. Membantu Tidur Nyenyak

Ceri mengandung melatonin, zat kimia yang membantu otak untuk mengatur tidur, mengatasi jet lag, mencegah hilangnya memori, dan menunda proses penuaan. Para ilmuwan di Universitas Northumbria di Inggris mengungkapkan bahwa relawan yang minum jus ceri memiliki tingkat melatonin yang signifikan.

3. Mengurangi Asam Urat

Jus ceri membantu mengurangi kadar asam dalam darah dan sakit asam urat. Bahan kimia yang disebut anthocyanin dalam ceri juga ampuh mengurangi peradangan, sehingga ceri dapat digunakan untuk mengurangi nyeri sendi, serta mengurangi efek dari osteoarthritis dan rheumatoid arthritis.

Penelitian yang dilakukan oleh Human Nutrition Research Center di University of California menunjukkan bahwa perempuan yang mengonsumsi 280 gram tart ceri menunjukkan pengurangan 15 persen kadar asam urat dalam semalam.

4. Penghalus Kulit

Para ilmuwan dari Michigan State University di Amerika Serikat mengatakan bahwa hanya dengan minum satu gelas jus ceri setiap hari bisa memperlambat proses penuaan. Menurut ilmuwan, ceri memiliki tingkat antioksidan tertinggi dari setiap buah dengan 17 senyawa antioksidan yang berbeda.

Antioksidan membantu tubuh melawan radikal bebas, sehingga kulit tidak akan terlihat tua. Jus ceri juga dianjurkan sebagai pengobatan alternatif untuk kondisi kulit lainnya, termasuk jerawat, rosacea, dan vulgaris. Jus ini kaya akan vitamin A dan sifat antibakteri sehingga mampu mengeluarkan toksin dari darah. Kandungan dalam ceri juga bisa dan digunakan untuk melawan bakteri yang terperangkap di bawah kulit.

6. Diuretik yang Baik

Ceri merupakan diuretik yang sangat efektif. Sebab ceri memiliki kandungan kalium yang wajar dan hampir tidak ada natrium.

7. Peningkat Libido

Jus ceri mengandung vitamin A dan C yang dipercaya bisa meningkatkan libido pada pria dan wanita. Vitamin A dapat meningkatkan kadar testosteron dan estrogen, sedangkan vitamin C meningkatkan nafsu seksual dan meningkatkan volume semen pria.

(vit/vta)