5 Jenis Makanan yang Bisa Picu Kambuhnya Migrain

ADVERTISEMENT

5 Jenis Makanan yang Bisa Picu Kambuhnya Migrain

- detikHealth
Kamis, 09 Jan 2014 10:10 WIB
5 Jenis Makanan yang Bisa Picu Kambuhnya Migrain
Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta - Sakit kepala sebelah atau migrain bisa dipicu oleh berbagai faktor, seperti bau menyengat dan panas. Beberapa makanan dengan kandungan tertentu ternyata juga bisa 'memancing' kambuhnya migrain. Apa saja?

Migrain adalah sakit kepala berdenyut dan seringkali terjadi hanya pada satu sisi kepala. Gejala migrain dapat bervariasi pada masing-masing orang dan juga dapat bervariasi dari satu serangan ke serangan berikutnya.

Dalam kebanyakan kasus, penderita migrain merasakan sakit berdenyut di salah satu sisi kepala (kadang-kadang menyebar ke kedua bagian kepala), dan biasanya disertai dengan mual atau muntah. Sebagian kecil penderita juga merasakan aura zigzag, lingkaran cahaya atau penglihatan kabur sebelum serangan datang.

Meskipun penyebab pasti migrain masih dalam perdebatan, tapi sebagian besar peneliti tampaknya setuju bahwa migrain disebabkan oleh penurunan aliran darah ke sel otak. Hal ini pada gilirannya dapat menyebabkan penyempitan arteri, yang dipicu oleh faktor eksternal tertentu.

Penyebabnya ada berbagai macam, salah satunya adalah makanan. Berikut 5 jenis makanan yang bisa memicu kambuhnya migrain, seperti dikutip dari Lifemojo, Kamis (9/1/2014):

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT