Rabu, 29 Jan 2014 09:53 WIB

9 Langkah yang Patut Dicoba Agar Sukses Berhenti Merokok

- detikHealth
Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta - Bukan rahasia lagi jika rokok mengandung ribuan bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan. Oleh karena itu, mulai dari sekarang ada baiknya Anda mulai menghentikan kebiasaan 'ngebul' meskipun permasalahannya tak sedikit orang yang kesulitan untuk menghentikan kebiasaan merokoknya.

Dikutip dari Boldsky, Selasa (28/1/2014) inilah sembilan langkah yang patut Anda coba agar sukses berhenti merokok:

1. Tetapkan Niat
Mengambil resolusi untuk berhenti merokok bisa membantu menghentikan kebiasaan ngebul Anda. Bulatkan tekad dan niat Anda karena inilah langkah awal untuk bisa sukses berhenti merokok.

2. Alihkan pikiran Anda
Ide yang baik jika Anda menyimpang dari pikiran Anda dalam artian ketika timbul keinginan untuk merokok, langsung lakukan sesuatu yang membutuhkan interaksi sosial misalnya berjalan-jalan, mengobrol, atau bermain di luar ruangan untuk mengelabui pikiran Anda.

3. Lakukan konseling
Jangan ragu untuk meminta pendapat atau masukan dari ahli tentang metode terbaik yang cocok bagi Anda untuk berhenti merokok. Ini akan membantu Anda memilih cara terbaik untuk merokok. Selain itu, dukungan dari konselor juga bisa membantu mengatasi perubahan emosi.

4. Terapi pengganti nikotin
Cara ini bisa membantu Anda mengelola sindrom ingin kembali merokok yang dilakukan dengan cara menyediakan nikotin dengan jumlah konstan tetapi kadarnya lebih rendah ke tubuh Anda.

5. Jauhi godaan
Ini adalah salah satu tips penting untuk berhenti merokok. Jagalah rumah, mobil, atau tempat kerja dari hal-hal yang berkaitan dengan rokok. Buanglah rokok, korek api, dan produk tembakau lainnya.

6. Dapatkan dukungan keluarga
Sertakan anggota keluarga Anda dalam proses stop merokok. Dengan mendapat dukungan, Anda akan termotivasi bahwa keluarga besar akan menanti hari yang paling bersejarah di mana Anda bisa sukses berhenti merokok.

7. Aktif bergerak
Dengan terlibat dalam kegiatan yang menuntut usaha keras dan waktu seperti berolahraga, Anda bisa terbantu menghentikan kebiasaan merokok. Selain membuat tubuh bugar, bergerak aktif juga menjadi cara mengalihkan pikiran Anda dari godaan merokok.

8. Katakan 'tidak' pada rokok
Jauhi segala macam godaan termasuk tawaran sebatang rokok yang diberikan rekan Anda. Ambillah napas dalam-dalam ketika Anda tergoda untuk merokok dan segera palingkan konsentrasi atau yang paling gampang yakni menghindarlah dari orang tersebut.

9. Pilih pengganti rokok
Carilah pengganti sebatang rokok untuk mulut Anda misalnya saja permen mint, cengkeh, cokelat, cemilan sehat, atau permen karet.

(rdn/up)