Selasa, 11 Feb 2014 09:35 WIB

Cegah Pilek di Tempat Kerja Saat Musim Hujan dengan 5 Cara Ini

- detikHealth
Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta - Di musim hujan plus cuaca dingin seperti saat ini, pilek merupakan salah satu penyakit yang rentan Anda alami. Selain membuat Anda tak bisa bekerja, penyakit ini juga sangat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Nah, untuk mencegah tertular pilek, yuk lakukan beberapa kebiasaan baik berikut.

Sebuah survei online terbaru yang dilakukan oleh Cintas Corporation menemukan bahwa 84 persen orang dewasa yang bekerja di AS bekerja dalam kondisi tubuh sedang sakit. Lebih buruknya lagi, hampir setengah dari mereka tidak pernah memperingatkan rekan kerja mereka bahwa mereka sedang sakit. Inilah yang kemudian dapat dengan mudahnya membuat virus penyakit tersebut menyebar.

Berikut 5 langkah sederhana yang bisa Anda terapkan untuk mencegah terserang pilek di tempat kerja, seperti dikutip dari News Max Health, Selasa (10/2/2014):

1. Waspada terhadap barang-barang umum

Barang-barang di tempat umum, termasuk keran wastafel, pegangan pintu microwave, dan keyboard Anda, bisa dipastikan akan disentuh oleh banyak orang dan akan menularkan penyebaran kuman.

"Oleh sebab itu, cucilah tangan Anda setelah menyentuh barang-barang umum tersebut," papar Cheryl Luptowski, petugas informasi publik di NSF International.

2. Cuci tangan sesering mungkin

Jika perlu cucilah tangan Anda setelah makan siang, setelah meeting, setelah menggunakan peralatan kantor bersama, dan setelah berjabat tangan dengan orang lain. US Centers for Disease Control and Prevention menganjurkan Anda untuk menggunakan air hangat dan sabun hingga berbusa atau setidaknya 20 detik lamanya.

3. Mensterilkan benda-benda yang disentuh

Sekali dalam sepekan tak ada salahnya Anda membersihkan bagian bawah keyboard, mouse, telepon, dan bahkan botol air Anda dengan menggunakan tisu basah antiseptik. Ini merupakan langkah mudah untuk memastikan benda-benda yang Anda gunakan setiap hari tersebut bebas kuman.

4. Tetap terhidrasi

Terhidrasi dengan baik membantu sistem kekebalan tubuh melakukan tugasnya, seperti halnya mencukupkan waktu tidur dan mencegah stres. Biasakan untuk meletakkan sebotol air putih dengan gelas agar Anda ingat untuk minum cukup air putih. Jika perlu, sesekali cobalah untuk mimun teh herbal hangat.

5. Jangan menyentuh wajah

Meskipun terasa sulit, namun tidak menyentuh wajah, menggosok mata, dan menggigit kuku merupakan salah satu langkah mencegah kuman memiliki akses langsung ke dalam tubuh. "Jika memang Anda merasa benar-benar harus melakukan hal tersebut, pastikan Anda mencuci tangan terlebih dahulu," terang Luptowski.

(ajg/vit)