Selasa, 03 Jun 2014 10:26 WIB

Kaki Tetap Bau Meski Sudah Dibersihkan? Ini Penyebabnya

- detikHealth
Foto: Ilustrasi (Thinkstock)
Jakarta - Bau kaki memang sangat menyebalkan. Bayangkan saja jika Anda membuka sepatu dan langsung tercium bau tak sedap yang menyengat, tentunya rasa malu akan langsung menghantui Anda. Belum lagi pandangan tak nyaman dari orang sekitar.

Biasanya orang yang memang memiliki bau kaki tak sedap akan langsung membersihkan kaki ketika mandi dengan sabun. Namun pada beberapa kasus, bau tak sedap kerap muncul meski kaki sudah berulang kali dibersihkan. Kenapa ya?

dr I Gusti Nyoman Darmaputra SpKK dari D&I Skin Centre Denpasar mengatakan bahwa jika kaki tetap berbau tak sedap meski sudah sering dibersihkan, penyebabnya kemungkinan besar adalah penyakit kutu air, atau dalam bahasa medis dikenal dengan nama Tinea Pedis.

"Jadi kalau kaki masih bau meski sering dibersihkan bisa saja dia terkena kutu air, atau bahasa medisnya Tinea Pedis. Dikenal juga sebagai Athlete's Foot dalam Bahasa Inggris," tutur dr Nyoman ketika dihubungi detikHealth, Selasa (3/6/2014).

dr Nyoman mengatakan bahwa tinea pedis atau kutu air termasuk dari penyakit yang disebabkan oleh infeksi jamur yang ada di kulit. Khusus di kaki, risiko munculnya infeksi jamur memang lebih besar karena adanya kerapatan di bagian jari kelingking dan jari manis kaki.

"Jari memang secara anatomis tubuh jari 4 dan jari 5 di kaki, yaitu jari manis dan jari kelingking lebih rapat, posisinya agak lengket, sehingga lebih sering lembab," tutur dr Nyoman menjelaskan.

Seperti diketahui bahwa penyebab utama munculnya infeksi jamur adalah kulit terlalu lembab. Menggunakan kaus kaki dan sepatu terlalu lama menjadi penyebab kaki berkeringat, yang jika tidak ditangani tentunya akan menyebabkan infeksi jamur.

Untuk itu gantilah kaus kaki setiap hari. Jangan lupa untuk mengeringkan kaki dengan baik setelah mandi.



(up/up)