Senin, 14 Jul 2014 07:33 WIB

Penderita Asma Bisa Bernapas Lebih Lega dengan Ngemil Brokoli

- detikHealth
Foto: Ilustrasi (Thinkstock) Foto: Ilustrasi (Thinkstock)
Melbourne - Pengidap asma punya sistem pernapasan yang kerap mengalami gangguan. Akan tetapi baru-baru ini peneliti dari Australia menemukan brokoli bisa dijadikan cemilan sehat untuk penderita asma.

Mengapa begitu? Ini karena sayuran yang masih satu kerabat dengan kubis ini memiliki kandungan senyawa aktif yang dapat membantu penderita asma agar bernapas lebih lancar.

"Brokoli mengandung senyawa aktif bernama L-sulforephane, yang ternyata dapat mengelabui sel-sel tubuh agar mengaktifkan gen anti-peradangan dan anti-oksigen sehingga sistem pernapasannya terbuka dan mempermudah penderita asma untuk bernapas," terang peneliti Dr Tom Karagiannis seperti dikutip dari ABC Australia, Senin (14/7/2014).

Bahkan peneliti berhasil menghitung berapa banyak porsi brokoli yang diperlukan penderita asma untuk mendapatkan manfaat tersebut, yakni dua mangkok sehari.

Tak hanya itu, Dr Karagiannis juga merekomendasikan agar manfaat terbaik dari brokoli bisa didapat bila sayuran ini dikukus sebentar. Dan yang terbaik adalah mengonsumsi tunas brokoli, karena konsentrasi L-sulforephanenya paling tinggi.

"Bila dimakan mentah tentu tak enak, jadi dikukus sebentar saja. Kami juga menjamin takkan ada senyawa aktif yang hilang karenanya," katanya mantap.

Dr Karagiannis juga memaparkan bila dosis dua mangkuk sehari ini berlaku untuk pasien asma anak-anak maupun orang dewasa.

Kendati begitu, Dr Karagiannis menegaskan penderita asma tetap harus mengikuti resep yang telah diberikan dokter masing-masing. Jangan hanya mengandalkan ngemil brokoli untuk membuatnya terbebas dari asma karena ini sifatnya hanya pengobatan komplementer.

"Namun di masa depan kami berharap bisa menghitung berapa besar konsentrasi yang dibutuhkan dan harus dikonsumsi berapa kali sehari, misalnya untuk mencegah kambuhnya asma itu sendiri," tutupnya.



(lil/up)