Batasi Penggunaan TV, Komputer, dan Ponsel Agar Tak Kena Osteoporosis

ADVERTISEMENT

Batasi Penggunaan TV, Komputer, dan Ponsel Agar Tak Kena Osteoporosis

- detikHealth
Jumat, 24 Okt 2014 19:04 WIB
Ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Perangkat digital seperti monitor televisi, komputer, video game, dan smartphone adalah salah satu pemicu orang betah berlama-lama duduk sambil menatap layar bahkan menunduk. Parahnya, ini tidak berlangsung sebentar melainkan berjam-jam setiap harinya.

Menurut dr Ade Jeanne D. L. Tobing, SpKO hal itu menjadi salah satu pemicu menurunnya kesehatan dan kebugaran tubuh seseorang. Terutama menurunnya kebugaran jantung.

Sebuah penelitian terbaru membandingkan antara siswa SMA dan mahasiswa dalam 'screen time' atau lamanya waktu menggunakan perangkat digital berlayar. Hasilnya adalah mahasiswa merupakan populasi yang paling sering menghabiskan waktunya di depan perangkat berlayar. Dengan pemakaian rata-rata 5 jam per harinya.

"Parahnya lagi, 88,2 persen penggunaan smartphone dan perangkat digital lainnya ini dilakukan di waktu senggang. Bayangkan saja, mereka kuliah dari jam 1-8 siang. Itu berapa jam mereka duduk, kemudian saat waktu senggang mereka gunakan juga untuk menggunakan smartphone. Artinya, mereka duduk lagi. Nah, ini yang tidak disadari. Seharusnya kita pikirkan juga bagaimana caranya be active atau bergerak setiap hari," jelas dr Ade yang ditemui dalam Media Workshop ‘Waktunya Bergerak Sekarang’ di Celebrity Fitness Mall Kota Kasablanka dan ditulis pada Jumat (24/10/2014).

Selain menyebabkan penurunan kebugaran jantung, hal itu dapat menjadi penyebab awal dari risiko osteoporosis bagi anak muda. Mengubah pola hidup agar tubuh menjadi bergerak setiap harinya penting untuk disadari sejak dini.

"Untuk anak muda, lakukanlah apa yang kalian suka sebagai bentuk aktivitas dan latihan fisik. Misalnya jogging, basket, dan apapun lah yang kalian suka. Setidaknya tubuh kita itu bergerak atau be active setiap harinya," papar dokter spesialis keolahragaan dari FK UI ini.

(vit/vit)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT