Setelah Mencuci Tangan, Begini Cara Keringkan Tangan Paling Tepat

ADVERTISEMENT

Setelah Mencuci Tangan, Begini Cara Keringkan Tangan Paling Tepat

- detikHealth
Kamis, 11 Des 2014 15:04 WIB
Ilustrasi (Foto: Getty Images)
Jakarta - Perilaku hidup bersih dan sehat salah satunya diwujudkan dengan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS). Usai mencuci tangan pun, sudah seharusnya tangan dikeringkan. Nah, bagaimanakah cara mengeringkan tangan yang dianjurkan?

"Pengeringan paling baik dengan bahan, bukan mesin pengering karena justru masih banyak kuman yang menempel, bahkan dari pengeringnya sendiri," kata dr Akira Prayudianto SpA dari RSAB Harapan Kita.

Bahan yang dimaksud yaitu tisu khusus seperti hand towel, bukan tisu wajah yang notabene bertekstur lebih lembut karena memang diperuntukkan untuk wajah. Sebab, saat tisu wajah digunakan untuk mengelap tangan, tisu justru akan menempel di tangan.

"Memang tisu relatif lebih mahal sehingga di beberapa tempat termasuk di rumah pun biasa pakai handuk. Cuma seberapa bersihnya kan juga diragukan, takutnya sudah jatuh dipakai lagi," lanjut dr Akira di sela-sela 'Penyerahan 500 Fasilitas Cuci Tangan oleh Dettol kepada Sekolah Dasar' di SDN 05 Gondangdia, Jakarta Pusat, Kamis (11/12/14).

Tidak dianjurkan mengeringkan tangan dengan mesin pengering karena setelah tangan bersih, justru kuman bisa kembali lagi, termasuk kuman yang berasal dari pengering. Belum lagi, dengan sistem pengeringan dengan angin membuka kemungkinan kuman-kuman bisa berterbaran di area cuci tangan.

Untuk penggunaan lap handuk di rumah, dr Akira menganjurkan sering-seringlah diganti karena berpotensi menjadi tempat menumpuknya kuman. Apalagi, kondisi lap handuk yang cenderung lembab memungkinkan jamur tumbuh. Lalu, bagaimana dengan tradisi mencuci tangan dengan kobokan?

"Tidak dianjurkan ya dengan air yang menggenang seperti kobokan. Memang baiknya pakai air yang mengalir karena di kobokan kotorannya mengumpul di situ dan bisa 'kembali' lagi," pungkas dr Akira.


(rdn/vit)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT