Senin, 26 Jan 2015 08:17 WIB

Asyik! Usaha Menurunkan Berat Badan Bisa Dimulai dari Kamar Mandi

- detikHealth
Ilustrasi (Foto: Thinkstock) Ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Olahraga secara teratur dan terukur, serta asupan gizi yang tepat adalah syarat utama untuk berhasil dalam upaya menurunkan berat badan. Jika sudah dipenuhi, maka cara-cara lain boleh dilakukan untuk mengoptimalkan upaya tersebut.

Mandi dengan air dingin disebut-sebut bisa membantu melangsingkan tubuh. Dalam buku berjudul 'Human Skeletal Muscle Mitochondrial Uncoupling Is Associated With Cold Induced Adaptive Thermogenesis', penyesuaian suhu tubuh saat mandi dapat mempengaruhi perubahan metabolisme lemak.

Beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan pembakaran lemak dari kamar mandi adalah sebagai berikut, dirangkum dari Livestrong, Senin (26/1/2015).

1. Mulai dengan air hangat
Sesuaikan temperatur air yang akan digunakan untuk mandi. Bisa dimulai dengan air hangat jika suka, sampai selesai ritual bersih-bersih badan. Langkah ini dibutuhkan agar tubuh tidak kaget dengan suhu yang tiba-tiba dingin.

2. Pelan-pelan, dinginkan airnya
Perlahan, mulailah mendinginkan temperatur air yang dipakai untuk mandi. Jika menggunakan shower, posisikan di tengah-tengah antara panas dan dingin. Mulai terasa dingin, tetapi masih dingin yang menyegarkan. Biarkan tubuh menyesuaikan diri dengan perubahan suhu.

3. Lebih dingin lagi
Jika sebelumnya masih di antara dingin dan panas, sekarang mulailah mengatur suhu airnya agar benar-benar terasa dingin. Biarkan air dingin mengaliri tubuh selama 30-60 detik, agar tubuh siap untuk memulai pembakaran jaringan lemak.

4. Dinginkan hingga maksimal
Siapkan diri Anda untuk suhu yang paling dingin. Di awal-awal, dinginnya akan terasa menggigit tetapi memang titik itulah yang diharapkan. Biarkan tubuh berada di bawah guyuran air dingin. Bahu, leher, dan punggung merupakan tempat mayoritas lemak coklat (brown fat) tertimbun.

5. Biarkan tubuh beradaptasi
Selama 30 detik, tubuh akan beradaptasi sehingga tidak terlalu merasakan dingin lagi. Sebagian mungkin akan mulai menikmati, tetapi kalaupun tidak kuat pastikan untuk bertahan selama paling tidak 30 detik agar bisa merasakan perbedaannya.

6. Ulangi 2-3 kali sehari
Untuk mendapatkan pembakaran lemak yang lebih optimal, ulangi ditual mandi air dingin sebanyak 2-3 kali sehari. Hanya butuh sedikit porsi lemak coklat untuk mendapatkan dampak yang berarti terhadap metabolisme. Namun yang pasti, jangan tinggalkan diet dan olahraga.

(up/lil)