Selasa, 27 Jan 2015 08:07 WIB

Studi Ungkap Olahraga Sebelum Sarapan Efektif Bakar Lemak

- detikHealth
Ilustrasi (Foto: Getty Images) Ilustrasi (Foto: Getty Images)
Jakarta - Kapan waktu terbaik untuk berolahraga jika Anda mencoba untuk menurunkan berat badan? Penelitian terbaru menunjukkan bahwa latihan ringan sebaiknya dilakukan sebelum sarapan atau saat perut kosong. Hal ini disebutkan dapat membakar lebih banyak lemak.

Dalam penelitian tersebut, para peneliti melibatkan pria aktif dan sehat berusia 28 tahun. Para peserta penelitian tersebut memiliki diet sehari-hari yang buruk, yaitu terdiri dari 50 persen lemak dan kalori 30 persen lebih banyak. Sebagian peserta penelitian tidak berolahraga selama penelitian.

Sedangkan peserta penelitian lainnya melakukan olahraga selama penelitian. Sebagian peserta berolahraga di luar 4 kali seminggu di pagi hari, seperti berjalan dan bersepeda pada intensitas berat. Semua latihan yang diawasi, sehingga pengeluaran energi dari kedua kelompok adalah sama.

Salah satu kelompok makan makanan kaya karbohidrat saat sarapan sebelum berolahraga dan terus mendapat asupan karbohidrat. Kelompok kedua berolahraga tanpa sarapan terlebih dahulu dan hanya minum air putih selama olahraga. Penelitian tersebut berlangsung selama 6 pekan.

Kelompok yang tidak melakukan olahraga rata-rata mengalami peningkatan berat badan lebih dari 6 kg dan juga mengembangkan resistensi insulin. Otot para peserta dalam kelompok tersebut tidak lagi merespon dengan baik terhadap insulin dan tidak menarik gula atau kelebihan glukosa dari aliran darah secara efisien dan telah mulai menyimpan kelebihan lemak di antara sel-sel otot.

"Hasilnya, olahraga dalam keadaan belum makan lebih efektif daripada olahraga setelah mengonsumsi karbohidrat. Melakukan olahraga pagi tanpa sarapan juga membantu para pria menghindari kenaikan berat badan," ungkap pemimpin penelitian tersebut, Peter Hespel, profesor dari Research Center for Exercise and Health di Catholic University Leuven, seperti dikutip dari The New York Times, Selasa (27/1/2015).

Nah, oleh sebab itu Hespel menegaskan bahwa strategi yang optimal untuk mencegah kenaikan berat badan adalah dengan menggabungkan diet seimbang yang sehat dengan gaya hidup aktif secara fisik. Namun untuk latihan fisik ringan, dianjurkan untuk melakukannya di pagi hari sebelum sarapan.

(ajg/up)