Kamis, 09 Apr 2015 11:00 WIB

Tak Hanya Gara-gara Gaya Hidup, Kanker pun Bisa Karena Keturunan

- detikHealth
Halaman 1 dari 5
Jakarta - Keputusan yang diambil aktris Hollywood kenamaan, Angelina Jolie untuk mengangkat kedua payudara dan juga ovariumnya menuai pro dan kontra dari berbagai pihak. Namun ia meyakini bahwa ini adalah tindakan yang tepat mengingat riwayat kanker mengalir dari ibu, bibi dan neneknya.
 
Noralane M Lindor, MD dari Mayo Clinic mengungkapkan memiliki orang tua atau saudara kandung dengan kanker meningkatkan risiko seseorang untuk terserang penyakit yang sama hingga dua kali lipat.
 
"Meski 5-10 persen kasus saja yang ada kaitannya dengan faktor keturunan, tapi ini tak dapat diremehkan," tegas Christine Stanislaw, MS, CGC dari Winship Cancer Institute, Emory University.

Pasalnya, dari hasil studi baru yang dipublikasikan dalam jurnal The Prostate menunjukkan saudara sepupu atau adik dari kakek/nenek yang terkena kanker juga bisa jadi indikator adanya risiko penyakit yang sama, meskipun hanya pada jenis kanker tertentu.

"Jadi segera cek riwayat kanker keluarga besar Anda. Jangan hanya terpaku pada kanker yang kerap menyerang wanita seperti ovarium atau payudara, karena mutasi gen penyebab kedua kanker itu juga memicu risiko kanker prostat dan pankreas pada pria," paparnya.

Sebagai pegangan, setidaknya Anda harus tahu dulu beberapa jenis kanker yang dapat diturunkan dari generasi ke generasi, seperti halnya dikutip dari Men's Health, Kamis (9/4/2015) berikut ini.

(lil/up)