Jumat, 18 Sep 2015 19:35 WIB

Punggung Berjerawat Padahal Sudah Rajin Mandi? Mungkin Ini Sebabnya

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Ilustrasi (Foto: Jupiterimages/Thinkstock) Ilustrasi (Foto: Jupiterimages/Thinkstock)
Jakarta - Sudah rajin mandi dan ganti baju, tapi kok jerawat tetap membandel dan tumbuh di punggung? Menurut dokter, bisa jadi ini penyebabnya.

"Kelainan yang menyerupai jerawat di punggung bisa disebabkan oleh bakteri, jamur," tutur dokter spesialis kulit dari Edmo Clinic, Jakarta Selatan, kepada detikHealth beberapa waktu lalu dan ditulis pada Jumat (18/9/2015).

Selain itu, dr Eddy juga menuturkan bahwa jerawat di punggung bisa muncul akibat iritasi bahan yang melekat di kulit. Misalnya seperti bahan pelembut, pelicin dan pengharum yang ada di pakaian pada saat proses pencucian pakaian.

Baca juga: Ini Efeknya Jika Sering Membersihkan Kulit Wajah dengan Alkohol

Tak bisa diobati dan dihilangkan secara instan, menurut dr Eddy kondisi seperti ini dapat berlangsung lama dan pengobatan yang dilakukan pun harus benar-benar disiplin.

"Sebagai pengobatan awal selain menghilangkan faktor pencetus seperti bahan kimia dan gesekan, dapat menggunakan sabun yang mengandung belerang untuk mandi," imbuh dokter yang juga berpraktik di RS Cipto Mangunkusumo Jakarta ini.

Untuk membantu proses pengobatan, sebisa juga hindari konsumsi makanan manis dan dapat digunakan bedak kocok belerang malam hari secara rutin.

Namun untuk lebih pastinya, disarankan sebaiknya untuk segera berkonsultasi ke dokter spesialis kulit dan kelamin agar dapat diberikan pengobatan secara medis.

Baca juga: Begini Lho Cara Tepat Mengatasi Jerawat di Telinga
(ajg/vit)
News Feed