Selasa, 03 Nov 2015 14:31 WIB

Ini Dia Kebiasaan Sepele yang Justru Bikin Gigi 'Menderita' (2)

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Siapa sih yang mau sakit gigi? Akan tetapi banyak di antara mereka yang sakit gigi mengklaim dirinya sudah rajin menggosok gigi. Padahal penyebab sakit gigi bukan semata karena hal itu.

Rupanya ada sejumlah kebiasaan yang diklaim dokter gigi justru dapat mengakibatkan kerusakan pada gigi secara perlahan-lahan, hanya saja banyak yang tidak menyadarinya.

Kebiasaan apa saja yang dimaksud? Simak kelanjutan dari artikel pertama tentang ragam kebiasaan harian yang membuat gigi menderita, seperti halnya dikutip dari Health.com, Selasa (3/11/2015) berikut ini.

Baca juga: Meski Tak Ada Gigi, Mulut Bayi Perlu Dibersihkan Agar Tak Berjamur
 
1. Tindik bibir atau lidah
Alice Lee, DDS dari Department of Dentistry for Montefiore Health System mengatakan, tindik bibir atau lidah juga bisa mengakibatkan kerusakan di area gigi dan mulut, semisal gigi retak atau cuil karena terlalu sering menggigit tindik, serta gangguan pada gusi dan cedera lain akibat tindik yang berulang kali bergesekan dengan jaringan lunak di dalam mulut.

Bahkan sebuah penelitian mengungkap, risiko masalah pada gigi akibat tindik bibir dan lidah akan cenderung makin buruk jika tindiknya dipakai dalam waktu lama.
 
2. Minum cuka apel
Konon meminum cuka apel murni dapat memberikan manfaat luar biasa bagi kesehatan. Padahal belum ada riset ilmiah yang mendukung pernyataan ini, dan dokter gigi sepakat jika asam di dalam cuka tersebut dapat berakibat buruk bagi enamel gigi.

"Bahkan meski sudah berkumur dengan air setelahnya, jadi lebih baik tidak usah sama sekali saja," saran Alison Newgard, DDS, dari Columbia University College of Dentistry.
 
3. Berhenti memakai behel lepasan
Setelah gigi menjadi rapi, seseorang biasanya enggan menggunakan retainer atau behel lepasan lagi karena dianggap sudah tidak butuh.

Padahal Dr Newgard mengingatkan giginya baru akan menjadi 'sempurna' jika retainer-nya tetap dipakai selama beberapa minggu setelah dokter memutuskan bentuk gigi pasien sudah rapi.

4. Gosok gigi selepas minum air jeruk
Ada sebagian orang yang memilih minum jus jeruk atau air lemon ketika bangun tidur. Yang terpenting, jangan langsung menggosok gigi setelahnya, jika tak ingin enamel gigi mengelupas. "Netralkan mulut Anda dengan minum susu atau air, lalu berkumur dengan baking soda. Tunggu 30 menit, baru sikat gigi," ujar Dr Lee.

Begitu juga sehabis muntah. Sebaiknya berkumur dulu sebelum kemudian menggosok gigi.
     
5. Mengabaikan gigi gemeretak
Perhatikan apakah gigi Anda sering bergemeretak di tengah malam atau tidak. Bila kebiasaan ini hanya terjadi sesekali mungkin tak jadi soal, namun apabila sudah terlalu sering dan dibiarkan, dikhawatirkan lama-lama gigi akan menjadi rusak, dan memicu gangguan lain seperti sakit kepala, masalah pada rahang bahkan perubahan bentuk wajah.

Untuk memastikan apakah kebiasaan ini sudah parah atau belum, bisa dilihat dari apakah rahang sering terasa sakit atau tidak saat terbangun keesokan paginya.

(lll/up)