Studi: Tak Murni Heteroseksual, Perempuan Lebih Cenderung Biseksual

ADVERTISEMENT

Studi: Tak Murni Heteroseksual, Perempuan Lebih Cenderung Biseksual

Firdaus Anwar - detikHealth
Senin, 09 Nov 2015 08:03 WIB
Foto: RayTango/Thinkstock
Jakarta - Preferensi heteroseksual atau menyukai lawan jenis adalah hal yang umum dirasakan oleh banyak orang. Namun demikian tak dapat dipungkiri ada juga yang hanya menyukai sesama jenis (homoseksual) atau menyukai keduanya (biseksual).

Terkait hal tersebut, ada penelitian di jurnal Personality and Social Psychology yang mengungkap bahwa perempuan ternyata punya preferensi seksual kompleks. Studi menyebut tampaknya sebagian besar perempuan punya kecenderungan biseksual.

Hal tersebut diungkap setelah peneliti dari University of Essex melakukan survei kepada 345 perempuan di Inggris. Para responden diberi pertanyaan tentang preferensi seksual mereka dan tingkat berahinya ketika ditunjukkan foto perempuan atau pria menarik.

Baca juga: Biseksual Memang Ada dan Berbeda dengan Homoseksual

Pemimpin studi dr Gerulf Rieger menggunakan alat yang melacak gerakkan mata untuk mengukur respon rangsangan seksual psikologis para wanita ketika melihat foto-foto tersebut.

Hasilnya ditemukan hanya 28 persen wanita heteroseksual yang memberikan respon rangsangan ketika melihat foto pria saja. Lebih banyak wanita yang memberikan respons saat melihat foto wanita dan pria.

"Penelitian kami menunjukkan bahwa, ketika kita berbicara apa yang bisa merangsang wanita, mereka biasanya biseksual atau gay tak murni benar-benar 'straight'," kata Rieger seperti dikutip dari BBC pada Senin (9/11/2015).

"Ketika berbicara mengenai wanita heteroseksual dan respon berahi sepertinya ada ketidakcocokan antara apa yang diakui oleh sang wanita dan apa yang tubuhnya pikirkan," pungkasnya.

Baca juga: Sama-sama Biseksual, Perempuan Lebih Mudah Depresi (fds/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT