Sabtu, 26 Des 2015 09:00 WIB

Ingin Berolahraga Saat Cuaca Panas? Coba Terapkan Tips Berikut

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto: Thinkstock
Jakarta - Cuaca panas rentan membuat seseorang dehidrasi. Untuk itu, ketika ingin berolahraga di tengah cuaca yang terik, ada beberapa tips yang dapat diterapkan untuk menghindari dehidrasi.

Seperti diungkapkan pakar fisiologi olahraga dan dosen senior di College of Health Sciences di James Cook University, Glen Deakin, penyebab berolahraga di cuaca panas lebih memberatkan karena tubuh melakukan dua hal sekaligus kala itu.

"Tubuh harus menyediakan pasokan darah ekstra ke otot supaya tetap bisa bekerja dan dalam waktu bersamaan, tubuh juga harus mengalirkan darah ke kulit agar Anda tetap segar," tutur Deakin, dikutip dari Sydney Morning Herald, Sabtu (26/12/2015).

Baca juga: Olahraga Malam Apakah Sama Sehat dengan Olahraga Pagi

Deakin menyarankan baiknya hindari berolahraga di siang hari saat suhu mencapai 30 derajat Celcius dan lembap. Untuk itu, lebih disarankan berolahraga saat cuaca lebih teduh atau di sore hari. Jika memang ingin berolahraga di siang hari, coba lakukan dengan berlari di area dengan banyak pohon.

Kemudian, gunakan pakaian cerah karena pakaian berwarna gelap atau hitam justru menyerap panas lebih cepat hingga Anda merasa lebih panas. Setiap berolahraga 10 menit, lakukan break selama lima menit. Menurut Deakin, jika Anda olahraga selama 20 menit baru beristirahat maka saat melanjutkan olahraga, Anda bisa merasa lebih panas.

"Minum air secukupnya saat istirahat dan usahakan air bersuhu sedang. Minum air es saat berolahraga justru membuat perut kram. Jika banyak keringat yang dikeluarkan, silakan mengonsumsi minuman yang mengandung elektrolit. Minum air secara perlahan guna mencegah perut kembung," kata Deakin.

(rdn/vit)