ADVERTISEMENT

Kamis, 14 Jan 2016 14:12 WIB

Meski Tampak Aman, 5 Kebiasaan Sehari-hari Ini Buruk Bagi Kesehatan

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Menjaga kesehatan tubuh bisa kok dilakukan dengan mudah, salah satunya adalah menghindari kebiasaan-kebiasaan yang bisa merusak kesehatan. Apa saja?

Berikut daftarnya, seperti dirangkum detikHealth dari berbagai sumber:

1. Duduk bersila
Menurut sebuah penelitian, duduk dengan kaki disilangkan dapat meningkatkan tekanan darah. Kebiasaan ini disebut-sebut meningkatkan tekanan darah sistolik hampir 7 persen dan diastolik sebesar 2 persen. Idealnya, duduklah paling lama 45 menit dan lakukan peregangan misalnya dengan berdiri atau berjalan-jalan.

2. Tidur tengkurap
Tidur tengkurap pada dasarnya membuat posisi leher menjadi tak seperti biasanya. Jika posisi ini dilakukan terus-menerus sepanjang malam, kondisi ini dapat mengganggu sirkulasi darah di area tersebut. Gantilah posisi tidur beberapa kali sepanjang malam.

3. Memakai ikat pinggang ketat
Meski penggunaan ikat pinggang sekilas dapat membuat Anda tampak lebih langsing, namun jika digunakan terlalu ketat hal ini dapat menghambat pencernaan Anda. Akibatnya, sistem pencernaan tidak bisa terproses dengan baik dan dapat menyebabkan keasaman. Penggunaan ikat pinggang yang ideal sebaiknya tetap membuat Anda bisa duduk, membungkuk dan bernapas dengan nyaman.

4. Meregangkan tubuh setelah bangun tidur
Gerakan meregangkan tubuh yang dilakukan segera setelah tidur dapat membahayakan tulang punggung dan leher, terlebih jika dilakukan dengan salah. Dianjurkan Anda sebaiknya bangun dari tempat tidur setelah bangun tidur. Lakukan beberapa aktivitas ringan seperti menyikat gigi, berjalan dan kemudian baru meregangkan punggung.

5. Menggunakan celana jeans ketat
Mengenakan celana jeans yang sangat ketat dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan. Dikatakan dr Hari Nugroho SpOG dari RSUD Dr Soetomo Surabaya, celana ketat memang banyak mengakibatkan masalah. Mulai dari nyeri berkepanjangan di area panggul akibat penekanan yang berlebihan dan lama hingga infeksi jamur, bakteri hingga parasit di vagina.

Baca juga: Stop! Kebiasaan Tarik Kulit Bibir Bisa Bikin Luka Berisiko Infeksi (ajg/vit)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT