Jangan Tertipu, 10 Mitos Soal Sayuran Ini Sama Sekali Tidak Benar (2)

ADVERTISEMENT

Jangan Tertipu, 10 Mitos Soal Sayuran Ini Sama Sekali Tidak Benar (2)

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Sabtu, 23 Jan 2016 10:06 WIB
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Tidak semua sayuran harus berwarna hijau supaya memiliki manfaat. Beberapa sayuran yang tidak berwarna hijau, seperti wortel dan selada, ternyata mengandung nilai gizi yang tinggi.

Terlebih, membiasakan anak makan sayuran dengan berbagai warna mengajarkan anak agar tidak pilih-pilih makanan.

Dikutip dari The Washington Post, berikut 10 mitos soal sayuran yang sama sekali tidak benar, bagian kedua.

Baca juga: Jangan Tertipu, 10 Mitos Soal Sayuran Ini Sama Sekali Tidak Benar (1)

1. Bawang putih

Bawang putih merupakan salah satu bumbu penyedap rasa pada masakan. Namun di balik itu, bawang putih juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Bawang putih memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah, melindungi jantung dan bekerja sebagai penambah daya tahan tubuh.

2. Bawang merah

Sama seperti bawang putih, bawang merah juga biasanya digunakan sebagai penyedap rasa makanan. Meskipun begitu, bawang merah juga dikenal sebagai antioksidan alami.

Bawang merah diketahui mengandung antihistamin, salah satu zat yang dapat mengatasi reaksi alergi. Selain itu bawang merah juga mengandung zat besi, asam folat dan serat.

3. Selada

Selada merupakan salah satu sayuran yang biasanya digunakan untuk salah. Namun di balik saus keju dan dressing, selada juga memiliki kandungan gizi.

Selada mengandung vitamin K yang baik untuk peredaran darah dan vitamin A yang baik untuk mata.

4. Peterseli

Peterseli atau yang biasanya disebut sebagai daun sup merupakan penghias menu seperti seledri. Namun dibalik itu, peterseli ternyata memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi bahkan melebihi selada.

Dalam 1 ons peterseli vitamin C, vitamin K, zat besi, dan kalsium. Selain itu peterseli juga mengandung asam folat dan serat.

5. Kentang

Kentang dikatakan beberapa orang dapat membuat gemuk karena terlalu banyak mengandung karbohidrat. Padahal kentang juga mengandung potassium, bahkan lebih tinggi daripada pisang.

Selain itu, kentang juga mengandung vitamin B6 yang baik untuk kesehatan saraf dan memperbaiki mood. (mrs/vit)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT