Minggu, 20 Mar 2016 09:05 WIB

Ingin Fokus Saat di Kantor? Jangan Lupa Sarapan

Nurvita Indarini - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Karena alasan terburu-buru dan sudah kesiangan, kerap kali orang melewatkan sarapan. Padahal sarapan bisa membuat seseorang lebih fokus.

"Dengan sarapan akan jadi mudah berpikir, fokus dan konsentrasi," ujar Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia, Prof Dr Ir Hardinsyah, MS, dalam kampanye 'Sarapan Sehat Sebelum Jam 9' yang digelar Energen di Parkir Timur, Senayan, Jakarta, Minggu (20/3/2016).

Untuk anak, sambung Prof Hardin, jika dibiasakan sarapan maka jangka panjang akan mendukung kecerdasan. Sebab di sekolah anak akan lebih fokus dan konsentrasi saat belajar.

Dia menekankan sarapan sebaiknya jangan asal kenyang. Sebab anak dan orang dewasa butuh nutrisi lengkap untul memenuhi kebutuhan gizinya. Jadi sebaiknya sarapan juga terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral.

"Dengan sarapan nggak akan telmi (telat mikir) di kantor dan kegiatan sehari-hari. Jadi ceria, semangat kerja, sekolah, dan aktivitas sehari-hari sampai siang," papar Prof Hardin.

"Sehat, cerdas, ceria. Itu manfaatnya," imbuhnya.

Baca juga: Manfaat Sehat Ini Tak akan Dirasakan Jika Melewatkan Sarapan 

Dalam kesempatan itu hadir pula Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya. Siti berpesan, selain membiasakan sarapan, masyarakat juga perlu meminimalkan sampah. Apalagi saat ini ditengarai mencapai 60-an juta ton sampah, dan sebagaian besar merupaka sampah rumah tangga.

"Jaga lingkungan agar tak dibebani sampah," pesan Siti Nurbaya.

Hadir pula perwakilan Museum Rekor Indonesia yang mencatat telah ada pemecahan rekor sarapan secara serentak di lokasi dengan jumlah terbanyak. Dalam kegiatan sarapan serentak ini, terlibat 35 ribu orang. (vit/up)