Minggu, 20 Mar 2016 11:00 WIB

Ngantuk Usai Sarapan? Mungkin Ini Sebabnya

Nurvita Indarini - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Sarapan penting sebagai sumber energi di pagi hingga siang hari. Tapi ada yang malah mengeluh ngantuk usai sarapan. Kenapa ya?

Menurut Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia, Prof Dr Ir Hardinsyah, MS, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan seseorang malah ngantuk usai sarapan. Pertama, karena sarapannya terlalu sedikit. Misalnya hanya minum sedikit atau mengigit roti sedikit. Karena kurang energi untuk menjalankan aktivitas sehingga malah timbul rasa ngantuk.

Kedua, makan terlalu banyak saat sarapan juga bisa membuat seseorang mengantuk. Ketiga, terlambat tidur sehingga saat bangun merasa waktu tidurnya kurang. Keempat, memang waktu tidurnya yang sangat sedikit.

"Karena itu dianjurkan tidur 7-8 jam sehari. Kalau yang sudah dewasa bisa 6-7 jam," terang Prof Hardin dalam kampanye 'Sarapan Sehat Sebelum Jam 9' di Parkir Timur, Senayan, Jakarta, Minggu (20/3/2016).

Baca juga: Ingin Fokus Saat di Kantor? Jangan Lupa Sarapan 

Karena itu ketika merasa ngantuk sesaat setelah sarapan, jangan lantas berniat untuk tidak sarapan di hari-hari berikutnya. Sebab sarapan sehat diperlukan sebagai sumber energi yang manfaatnya antara lain untuk menjaga fokus dan konsentrasi selama beraktivitas seharian.

Prof Hardin menganjurkan sarapan dilakukan sebelum pukul 09.00. Ini ada maksudnya lho. "Karena 2 jam setelah bangun tidur terjadi penurunan gula dan nutrisi di otak. Ini yang mengganggu konsentrasi, bisa bikin pusing juga," jelasnya.

"Sarapan bisa dilakukan di mana saja. Di mobil, waktu berangkat kerja. Pokoknya sebelum melakukan kegiatan," imbuh Prof Hardin.

Baca juga: Tidak Sarapan Tingkatkan Risiko Obesitas Anak Jadi 2 Kali Lipat  (vit/up)