Senin, 21 Mar 2016 07:10 WIB

Cuma Minum Teh di Pagi Hari Sebelum Kerja, Itu Bukan Sarapan Sehat

Nurvita Indarini - detikHealth
Foto: ts
Jakarta - Beberapa orang merasa sudah sarapan meski hanya minum teh sebelum beraktivitas. Padahal minum teh saja belum bisa disebut sarapan lho.

"Cuma minum teh itu belum bisa disebut sarapan sehat. Yang namanya sarapan sehat itu bisa dilihat dari waktu, jenis, juga zat yang terkandung di dalamnya," terang Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia,  Prof Dr Ir Hardinsyah, MS, dalam kampanye 'Sarapan Sehat Sebelum Jam 9' di Parkir Timur, Senayan, Jakarta, seperti ditulis pada Senin (21/3/2016).

Waktu, sambung Prof Hardin, harus dilakukan sebelum jam 09.00. Alasannya 2 jam setelah bangun tidur terjadi penurunan gula dan nutrisi di otak. Kondisi ini yang mengganggu konsentrasi.

Jenis makanan, upayakan yang cukup serat sehingga tidak gampang lapar. Upayakan memenuhi karbohidrat seperti nasi, umbi dan sereal. Selain itu penuhi kebutuhan protein misalnya dari telur, susu dan daging. Perhatikan juga vitamin dan mineral yang bisa didapat dari sayur dan buah.

"Juga harus ada air atau cairannya," imbuh Prof Hardin.

Selain itu cara masak atau cara mengolah juga penting. Prof Hardin mencontohkan konsumsi telur adalah tindakan sehat, namun jadi tidak sehat jika telur digoreng menggunakan minyak jelantah.

Baca juga: Ngantuk Usai Sarapan? Mungkin Ini Sebabnya (vit/up)