Senin, 28 Mar 2016 11:08 WIB

Hobi Travelling? Ini Segudang Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Ilustrasi (Foto: Ari Saputra)
Jakarta - Jalan-jalan biasanya lebih identik dilakukan untuk mengatasi kejenuhan. Namun ternyata aktivitas ini juga punya manfaat sehat bagi tubuh.

Ya, peneliti mengungkapkan liburan dengan berjalan-jalan secara berkala dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, emosi dan kesejahteraan fisik Anda.

Bukan tanpa alasan, bekerja setiap hari tentu saja 'menguras' pikiran, tenaga dan emosi. "Ketika kita terus melakukan kegiatan sehari-hari, tanpa beristirahat dengan memanfaatkan 'me time', hormon kortisol tidak akan menurun sehingga tubuh kita tidak berfungsi dengan baik. Di situlah Anda mulai sulit berkonsentrasi, mudah marah, dan mengalami penurunan libido," terang dr Claudia Lee dari divisi kesehatan mental Sydney Integrative Medicine.

Kadar hormon kortisol yang tinggi juga bisa mengakibatkan stres kronis. Akibatnya, suasana hati seseorang cenderung mudah berubah dan ia mengalami gangguan kecemasan, depresi, serta insomnia. Selain itu, imunitas akan menurun sehingga tubuh lebih mudah terkena penyakit.

Nah, oleh sebab itu, mengambil waktu istirahat dan menikmati waktu berjalan-jalan diyakini dapat meningkatkan tingkat kreativitas dan kelak meningkatkan kinerja di tempat kerja.

Terlebih jika Anda memilih tempat yang asing, sehingga Anda diharuskan untuk bersosialisasi dengan orang-orang baru. Secara tak langsung, Anda sudah menyegarkan pikiran dan meningkatkan kemampuan kognitif Anda.

Seperti dikutip dari Times of India, Senin (28/3/2016), melakukan perjalanan dengan tepat yang berbeda dari biasanya juga meningkatkan fungsi otak, menurunkan risiko demensia dan penyakit Alzheimer.

Hal ini juga menyehatkan jantung dan mencegah timbulnya serangan jantung. Menurut para ahli, hal ini karena saat berlibur orang-orang cenderung istirahat juga dari tekanan dan rasa stres. Tak lupa, berjalan-jalan juga berarti Anda melatih fisik dan tak cuma sekadar duduk di kantor atau tiduran di rumah bukan?

Salah satu tempat berlibur yang direkomendasikan adalah pantai. Menurut penelitian terbaru dari European Centre for Environment and Human Health di Truro, Cornwall, berjalan-jalan santai di pinggir laut diyakini dapat membantu mengatasi suasana hati yang buruk atau stres.

Penelitian yang dilakukan selama sekitar dua tahun terhadap lebih dari 2.750 peserta tersebut menemukan bahwa bersantai di pantai atau pinggir laut sangat baik bagi kesehatan tubuh, secara fisik dan emosional. Alasan lainnya, beberapa ilmuwan juga yakin bahwa mengapa laut memberikan efek positif terhadap tubuh adalah karena turbulensi yang diciptakan oleh ombak.

Turbulensi ini mengubah struktur fisik dari udara dan air, serta melepaskan ion yang bermuatan ke atmosfer. Ada pula peneliti yang mengatakan lingkungan yang penuh dengan ion bermuatan negatif seperti lautan, bahkan pegunungan bersalju atau di dekat air terjun, dapat meningkatkan mood Anda dengan memicu endorfin dan serotonin.

Baca jugaWah! Studi Ungkap Berlibur ke Pantai Bantu Tingkatkan Kesehatan Tubuh

(ajg/up)