Rabu, 06 Jul 2016 07:56 WIB

Pengendalian Diri Penting untuk Cegah Bobot Naik Saat Lebaran

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Menu makanan saat lebaran yang enak dan lezat bisa membuat nafsu makan meningkat pesat. Jika tak dikendalikan, berat badan bisa naik pasca lebaran.

Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD(K), pakar saluran cerna dari RS Cipto Mangunkusumo-Universitas Indonesia, mengatakan lebaran bukan momen untuk membalas dendam setelah satu bulan berpuasa. Justru lebaran merupakan ujian akhir, apakah puasa yang dilakukan selama satu bulan kemarin bermanfaat atau tidak.

"Saya sendiri sudah membuktikan melalui penelitian, berat badan memang akan berkurang saat minggu ke-4 puasa. Tapi risiko naik setelah lebaran tetap besar, bahkan bisa lebih (berat badannya) dari sebelum puasa," tutur dr Ari kepada detikHealth.

Baca juga: Ini Dia Manfaat Menyusun Rencana Kegiatan Saat Libur Lebaran Bersama Anak

Dijelaskan dr Ari, puasa bukan hanya sekadar menahan lapar dan haus. Puasa juga mengharuskan seseorang untuk menahan hawa nafsu, serta momen untuk menjadi lebih dekat kepada Yang Maha Kuasa.

Oleh karena itu setelah puasa, seseorang seharusnya memiliki pengendalian diri yang lebih baik. Pengendalian diri ini merupakan modal penting untuk menahan nafsu makan saat lebaran yang akan meningkat, apalagi jika di depan mata banyak hidangan enak dan lezat yang disajikan.

"Saat puasa kan kita sudah teruji mengendalikan diri. Ketika lebaran ini dipertahankan, tidak rakus dan tidak mudah marah. Menjaga emosi berarti level stres kita rendah, yang secara otomatis juga membuat nafsu makan berkurang," tuturnya.

Untuk itu, ia menyarankan agar pada saat Lebaran tetap mengonsumsi sayur, buah segar, dan berolahraga untuk mengurangi jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh. Saat mengonsumsi buah pun harus dibatasi jumlah buah yang dimakan. Dalam sehari cukup tiga buah, seperti pir atau apel. Hindari buah yang mengandung glukosa atau kalori tinggi seperti mangga.

Baca juga: Punya Riwayat Kolesterol Tinggi? Saat Lebaran Hindari Asupan Ini Ya

(mrs/up)