Rabu, 25 Okt 2017 17:03 WIB

Cegah Punggung Bungkuk karena Beban Tas dengan Prinsip Fisika

Erika Kurnia - detikHealth
Dengan APEK beban tas di badan jadi lebih tersebar. (Foto: Erika Kurnia)
Jakarta - Beban tas yang dibawa anak sekolah setiap hari berisiko memicu punggung bungkuk. Tapi dengan prinsip fisika, ini bisa diatasi.

Hal ini diwujudkan dalam bentuk Alat Bantu Pencegah Kebungkukan (APEK) oleh karya dua siswa SMA Negeri 6 Palembang.

"Sebagai pelajar SMA, tiap sekolah kita bawa banyak buku, kadang ditambah laptop. Jadi beban tas ini pasti berat dan berisiko membuat punggung bungkuk. Tapi kalau kita tarik strap tasnya dengan tangan, bebannya akan berkurang. Nah, alat ini kita buat untuk membagi beban tas seperti saat kita menariknya ke depan dengan tangan," papar Ahmad Rinaldi Akbar kepada detikHealth.

Baca juga: Survei: 68 Persen Anak Sakit Punggung karena Beban Tas Sekolah Terlalu Berat

Alat yang disebut APEK ini berbahan dasar paralon ringan yang dibuat sedemikian rupa menjadi rangka untuk dikenakan di pundak sebelum memakai tas. Alat tersebut dibuat dengan prinsip kerja kesetimbangan fisika.

"Alat ini membuat beban tas jadi lebih ringan bagi pundak. Kalau awalnya titik tumpu cuma satu, dengan alat ini beban tas jadi terbagi dua, yaitu di pundak dan di samping dada. Dengan prinsip fisika, alat ini membuat hanya 60 persen beban tas bertumpu di pundak dan 30-40 persennya di depan," jelas anggota tim yang diketuai M. Nayif Alan Hamada.

Selain digunakan untuk mengurangi beban tas, APEK juga dapat dimanfaatkan untuk meletakkan buku bacaan yang juga ditambahkan lampu baca. Alat ini selain ringan juga praktis karena bisa dilipat.

APEK sebagai alat bantu baca.APEK sebagai alat bantu baca. Foto: Erika Kurnia
"Alat ini juga kami coba untuk dipakai oleh tukang kebun sekolah yang biasa menggendong alat semprot prstisida yang berat. Dan ini cukup membantu mengurangi beban," imbuh siswa kelas 12 tersebut.

Baca juga: Gaya Hidup Kekinian yang Bisa Sebabkan Cedera Tulang Belakang (fds/up)