Jumat, 16 Jan 2015 11:31 WIB

Sejak Kapan Sih si Kecil Sudah Bisa Menggunakan Car Seat?

- detikHealth
Jakarta - Car seat biasanya dijadikan pilihan para orang tua sebagai tempat duduk anak. Sehingga, si kecil bisa duduk dengan aman dan nyaman selama di mobil. Sebenarnya, usia berapakah anak sudah bisa didudukkan di car seat?

"Sebenarnya bayi sejak lahir sudah bisa ditempatkan dalam carseat," ujar dr Meta Hanindita yang kini tengah mengambil pendidikan spesialis anak di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga saat berbincang dengan detikHealth dan ditulis pada Jumat (16/1/2015).

Menurut dr Meta, justru sebaiknya, dari awal anak dibiasakan untuk menggunakan carseat daripada digendong ketika bepergian menggunakan mobil. Pasalnya, penggunaan car seat akan lebih aman.

"Dengan kata lain keuntungan menggunakan carseat adalah keamanan untuk bayi atau anak," imbuh dokter yang praktik di RSUD Dr Soetomo Surabaya ini. Nah, berikut beberapa cara pemilihan, pembelian, dan penggunaan car seat yang tepat:

1. Parameter pertama pemilihan car seat adalah berat badan bayi/anak bukan model atau warna favorit. Lalu, jangan membeli car seat bekas, karena kita tidak mengetahui sejarah car seat tersebut.

2. Ganti car seat dengan yang baru jika pernah mengalami tabrakan/kecelakaan. Sekalipun tampak luarnya baik-baik saja, bisa jadi ada bagian dalam car seat yang rusak atau tidak lagi berfungsi dengan benar.

3. Selalu gunakan harness/seat belt pada saat menggunakan carseat dan pastikan car seat terpasang dengan benar, car seat tidak berguna jika harness tidak digunakan atau car seat tidak terpasang dengan benar. Jarak antara harness dengan tubuh bayi adalah 1 jari. Jika harness terlalu longgar, tubuh bayi tidak akan terlindung dengan maksimal.

4. Maksimal bayi dalam infant carrier adalah 2 jam. Jika perjalanan lebih dari 2 jam pastikan bayi diistirahatkan dengan tidur pada posisi berbaring dis ela-sela perjalanan.

6. Posisi teraman untuk penggunaan car seat adalah bangku bagian belakang di sebelah tengah dan dengan posisi rear-facing (menghadap ke belakang). Sementara, posisi teraman infant carrier/car seat adalah rear-facin (menghadap ke belakang). Biarkan anak tetap pada posisi rear-facing sampai minimal 1 tahun dan berat badan 10 kg, jika memungkinkan biarkan anak pada posisi ini lebih lama dengan menggunakan combination car seat.

7. Jangan pernah menempatkan anak dengan car seat di bangku depan (penumpang) dengan airbag yang aktif. Airbag dapat melukai anak pada saat terjadi tabrakan.

(rdn/up)
News Feed