Rabu, 15 Mar 2017 10:35 WIB

Begini Proses Kelahiran Bayi Sungsang Melalui Operasi Caesar

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto: Instagram/@doulascienceandsoul Foto: Instagram/@doulascienceandsoul
Jakarta - Salah satu hal yang membuat ibu melahirkan melalui prosedur operasi caesar adalah posisi janin sungsang. Baru-baru ini, seorang dokter asal Venezuela mengabadikan momen proses kelahiran seorang bayi yang dalam posisi sungsang, melalui operasi caesar.

Momen tersebut diunggah di akun instagram bidan bernama Stepha Lawson, @doulascienceandsoul pada Selasa (14/3) kemarin. Dalam video berdurasi 1 menit ini terlihat bagaimana dokter kandungan Jham Frank Lugo perlahan-lahan mengeluarkan bayi dengan posisi sungsang.

Terlihat bahwa yang muncul adalah bokong si bayi. Pelan-pelan, dr Lugo menarik bayi tersebut kemudian setelah 'setengah jalan', ia meluruskan satu per satu kaki si bayi yang awalnya dalam posisi tertekuk.

"Salah satu penyebab paling umum untuk melakukan prosedur caesar adalah posisi bayi sungsang yang membuat bayi dalam posisi duduk. Posisi ini, tidak diragukan lagi bisa menimbulkan masalah serius jika dilakukan melalui persalinan per vaginam," demikian keterangan dalam video tersebut.

dr Lugo menambahkan, melalui video ini terlihat bagaimana manuver obstetrik dilakukan dengan hati-hati dan waspada. Dengan kesabaran dan situasi saat itu, di mana orang tua memilih diputarnya lagu selama proses persalinan, kerja sama antara dokter, bidan, dan pasien bisa membantu ibu melewati proses persalinan dengan lancar.

Proses lahirnya bayi sungsang dengan operasi caesarProses lahirnya bayi sungsang dengan operasi caesar Foto: Instagram/@doulascienceandsoul


"Setelah proses ini, si bayi langsung melakukan skin to skin contact dengan ibunya. Penundaan penjepitan tali pusar juga dilakukan," tambah dr Lugo.

Baca juga: 10 Fakta Mengenai Operasi Caesar

Sejak diunggah kemarin, video ini sudah dilihat lebih dari 3.200 kali. Ungkapan kagum umumnya disampaikan para netizen dalam komentarnya. Ada pula netizen yang baru tahu seperti inilah proses kelahiran bayi sungsang melalui operasi caesar.

"Jadi seperti inikah bayi saya bisa keluar?" tulis @lehdotar. Kemudian, akun @blackbird_fly menuliskan inilah pertama kalinya dia melihat bagaimana proses caesar dengan jelas.

"Ini adalah video kelahiran bayi yang baru pernah saya lihat. Ibu amat luar biasa," kata @ferafelt.

Berbicara soal bayi sungsang, dr Aryando Pradana SpOG dari RS Bunda Jakarta mengatakan letak sungsang merupakan kondisi di mana bagian bokong janin adalah bagian yang lebih dahulu keluar dalam proses persalinan. Kondisi ini, kata dr Nando, sebaiknya telah diketahui jauh sebelum masa persalinan terjadi.

"Janin letak sungsang memiliki resiko mortalitas dan morbiditas yang lebih tinggi dalam persalinan normal, kondisi head entrapment (kepala terjepit) atau nuchal arm (tangan menjungkit) adalah beberapa kejadian yang bisa terjadi selama proses persalinan. Sebagian besar janin letak sungsang akan disarankan untuk dilahirkan melalui operasi seksio sesarea," tutur dr Nando kepada detikHealth beberapa waktu lalu.

Baca juga: Usap Bayi yang Lahir Caesar dengan Cairan Vagina Ibu Jadi Tren di Australia




(rdn/up)
News Feed