Rabu, 24 Agu 2011 15:17 WIB

Anak Usia 2 Tahun Bisa Paham Tata Bahasa Kompleks

- detikHealth
Jakarta - Anak-anak berumur 2 tahun ternyata telah memiliki pemahaman tata bahasa yang kompleks bahkan sebelum mereka belajar berbicara dalam kalimat lengkap. Bayi umur 2 tahun bisa mengidentifikasi gambar yang benar dengan kalimat yang benar.

Psikolog di pusat bahasa anak University of Liverpool melakukan eksperimen pada anak-anak umur 2 tahun dengan memberikan kalimat dengan verba yang dibuat-buat, seperti kalimat 'the rabbit is glorping the duck'.

Bayi-bayi ini kemudian diminta mencocokkan kalimat dengan gambar kartun. Hasilnya, bayi termuda berusia 2 tahun bisa mengidentifikasi gambar yang benar dengan kalimat yang benar lebih sering dari yang diharapkan.

Studi ini menunjukkan bahwa bayi lebih banyak memahami struktur bahasa daripada kata-kata yang benar-benar dapat diucapkan. Mereka juga memahaminya pada usia yang lebih awal daripada yang diperkirakan sebelumnya.

Penelitian ini juga menunjukkan bahwa anak-anak menggunakan struktur kalimat untuk memahami kata-kata baru. Hal ini membantu menjelaskan kecepatan berbicara yang diperlukan bayi.

Dr. Caroline Rowland, dari University's Institute of Psychology, Health and Society, mengatakan ketika mempelajari bahasa, anak tidak hanya mempelajari arti kata tetapi juga bagaimana menggabungkan kata-kata untuk menyampaikan makna.

Kebanyakan bayi berusia 2 tahun jarang menggabungkan lebih dari dua kata bersama-sama. Mereka mungkin mengatakan 'jus lagi' atau 'tidak topi', tetapi belum tahu bagaimana membentuk kalimat penuh.

Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak berusia dua hingga tiga tahun mulai membangun pemahaman tentang tata bahasa secara bertahap dari menonton dan mendengarkan orang, seperti dikutip dari esciencenews.com, Rabu (24/8/2011).

Penelitian yang lebih baru telah menemukan bahwa bayi usia 21 bulan sudah peka terhadap makna berbeda yang dihasilkan oleh konstruksi tata bahasa tertentu, bahkan ketika mereka tidak dapat mengartikulasikan kata-kata dengan benar.



(ir/ir)
News Feed