Senin, 02 Des 2013 08:34 WIB

Ini Caranya Membiasakan Anak Duduk di Car Seat

- detikHealth
Ilustrasi (Foto: thinkstock)
Jakarta - Untuk menghindari cedera pada anak saat naik mobil, orang tua sebaiknya mengajarkan anak untuk duduk di car seat khusus. Agar ia merasa nyaman, anak harus dibiasakan dan ajarkan sejak dini.

"Jangan biarkan anak berdiri atau lari-larian di dalam mobil. Biasakan menggunakan car seat," jelas Febria Indra Hastati, S.Psi., M.Psi., Psikolog, CH., CHt, psikolog dari Brawijaya Woman and Children Hospital, dalam acara Talkshow 'Aman dan Nyaman Berkendara bersama si Kecil' di Brawijaya Woman and Children Hospital, Jl Taman Brawijaya, Kemang, Jakarta, dan ditulis pada Senin (2/12/2013).

Car seat merupakan alat tambahan yang khusus digunakan bayi atau balita untuk duduk di dalam mobil, agar aman dan nyaman selama berkendara. Di berbagai negara, penggunaan car seat diwajibkan bagi anak untuk meminimalkan cedera bila terjadi kecelakaan.

Di Indonesia, penggunaan car seat memang belum wajib. Namun, bila ingin anak Anda aman selama berkendara, sebaiknya biasakanlah menggunakan car seat agar ia juga terbiasa menggunakan sabuk pengaman saat sudah besar.

Dijelaskan Febri, pembelajaran yang sukses harus memenuhi 3 ranah, yakni ranah afektif (like), ranah kognitif (know), dan ranahh konatif (do).

Ranah afektif dilakukan dengan menimbulkan rasa suka, caranya dengan memancing motivasi dan minat anak. Untuk mengajarkan anak duduk di car seat misalnya bisa dilakukan dengan berkata, 'Siapa yang mau ikut jalan-jalan? Seru lho, kita naik mobil. Nanti adik pakai kursi keren itu ya.' Jangan memaksa anak, tapi beri ia dorongan. Misalnya dengan berkata, 'Wah anak mama sudah besar dan pintar, pasti bisaa duduk manis di kursi keren nih, seperti jagoan Superman dulu lho, hebat!'

Jika anak sudah menyukai duduk di car seat, maka ajari dia bagaimana cara memasangnya. Anda bisa memasangkan sabuk pengaman car seat sambil memverbalkan bagaimana cara pemakaiannya. Misal, 'Begini nih cara duduk yang asik. Pertama, adik duduk cakep, ya. Kedua, kita pasang sabuk jagoan. Ketiga, pegang mainan, selesai.

"Beri panduan sistematis langkah demi langkah. Gunakan kalimat yang mudah dimengerti anak," papar Febri.

Biarkan anak menikmati car seatnya, terus latih sampai ia merasa nyaman. Bila perlu, biarkan si kecil yang memegang kendali dan memberi aba-aba, seperti 'Pasang sabuk, klik, beres! Siap!'

Untuk membiasakan anak menggunakan car seat, orang tua juga harus menjadi contoh atau role model, dengan selalu menggunakan sabuk pengaman. Bila perlu, boneka kesayangan si kecil juga bisa didudukkan dengan menggunakan sabuk pengaman.

Dan yang terakhir, berikan mainan sebagai reward agar anak tidak merasa bosan selama berkendara. Mainan bisa berupa mainan musik, boneka yang digantung, dan usahakan memberikan mainan yang tidak mudah jatuh.

(mer/vta)