Senin, 24 Feb 2014 09:01 WIB

Ini 4 Cara Mudah Bantu Balita Anda Belajar Bicara

- detikHealth
ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Kemampuan berkembang balita memang tidak hanya bisa dilai dari secepat apa dia berjalan atau bicara. Ada yang sudah bisa berjalan sebelum bicara, atau sebaliknya, balita Anda bicara terlebih dahulu sebelum berjalan. Beberapa orang tua bahkan mengaku balitanya bisa bicara dan berjalan bahkan sebelum berusia satu tahun.

Padahal, psikolog mengatakan bahwa perkembangan balita, dalam bidang apapun, memang berbeda-beda. Orang tua, lingkungan tempat tinggal, pola asuh, bahkan pola makan mempengaruhi berbagai perkembangan balita. Namun tak jarang orang tua yang merasa panik ketika melihat balita lain seusia anaknya sudah bisa berbicara lebih dulu.

Dilansir chicagonow, Senin (24/2/2014), berikut beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk merangsang kemampuan bicara balita Anda:

1. Pengucapan kata yang baik dan benar

Balita yang baru bisa bicara tentunya hanya bisa mengucapkan sebagian atau sepotong kata saja. Pengucapan 'mam' untuk 'makan' atau 'num' untuk 'minum' memang terdengar sangat lucu ketika diucapkan oleh balita Anda. Namun jika Anda dengan sengaja mengucapkan kata-kata tersebut agar terdengar lucu, hal itu akan menghambat perkembangan kemampuan bicara balita Anda.

2. Gunakan petunjuk visual

Ketika Anak belajar kata yang agak panjang, seringkali ia terlewat atau terlupa salah satu kosa katanya. Anda bisa mengajarkan kat-kata tersebut dengan gerakan visual seperti tepuk tangan atau. Conthonya kata 'ma-in-an' yang terdiri dari tiga suku kata, yang tentunya sama dengan tiga tepuk tangan.

3. Jawab dengan lengkap

Pola jawaban orang tua terhadap ocehan buah hatinya juga berpengaruh terhadap terhadap perkembangan kemampuan bicara balita. Biasakan jawab dengan jawaban yang lengkap dan jika perlu, beri keterangan tambahan pada jawaban Anda. Jika suatu saat balita Anda menunjuk sambil bicara 'burung', Anda dapat menjawab, 'Iya, burung itu hinggap di atap rumah'.

4. Buat kesempatan anak agar bicara

Menanyakan aktivitas atau meminta anak menjelaskan tentang hal apa saja yang ditemuinya hari itu juga membantu perkembangan kemampuan bicara anak. Cara ini terbilang efektif karena selain mendukung anak agar lebih aktif bicara, Anda juga dapat membuat balita lebih merasa diperhatikan.

(vta/vit)