Anak Cerdas Makannya Apa Sih?

ADVERTISEMENT

Anak Cerdas Makannya Apa Sih?

- detikHealth
Rabu, 21 Mei 2014 18:30 WIB
Ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Nutrisi dan stimulasi menjadi dua komponen penting untuk membentuk anak yang sehat dan cerdas. Maka dari itu, dalam menu sehari-hari anak, orang tua berusaha memberi makanan bergizi pada anak, terutama ikan laut yang dinilai bisa membantu anak lebih cerdas, benarkah?

"Ya, ikan laut kan memang kaya akan omega 3 yang mengandung LA dan DHA untuk perkembangan otak anak ya. Maka dari itu baik sekali memberi lauk ikan laut pada anak-anak," tutur dr Titi Sekarindah MS SpGK ketika berbincang dengan detikHealth, Rabu (21/5/2014).

Selain itu, dr Titi mengingatkan bahwa sumber omega 3 tidak hanya ikan laut tetapi juga kacang-kacangan dan sayur-sayuran, walaupun kandungan omega 3 pada ikan laut lebih besar jumlahnya.

"Maka dari itu sangat dianjurkan bagi anak-anak untuk makan ikan laut dua kali seminggu," imbuh dokter yang praktik di RS Pusat Pertamina Jakarta ini.

Lantas, bagaimana dengan anggapan bahwa terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan monosodium glutamat (MSG) bisa membuat kemampuan berpikir anak menurun? "Penggunaan MSG bisa dikatakan masih kontroversi ya karena ada anggapan bahwa MSG tidak terlalu berbahaya tapi kandungan sodiumnya (garam) tinggi. Yang penting jangan berlebihan penggunaannya saat memasak," kata dr Titi.

dr Titi lebih menyarankan orang tua untuk membawakan anak bekal daripada ia jajan sembarangan di sekolah. Terutama untuk produk makanan ringan yang cenderung mengandung banyak garam, pengawet, dan MSG.

Agar anak mau membawa bekal, orang tua bisa membuatkan menu yang menarik misalnya sandwich, lasagna, macaroni schottel, atau lontong isi ayam atau sayur, serta roti dengan selai kacang.

(rdn/vit)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT