Terbiasa Konsumsi Kacang Sejak Kecil Dapat Turunkan Risiko Alergi

ADVERTISEMENT

Terbiasa Konsumsi Kacang Sejak Kecil Dapat Turunkan Risiko Alergi

- detikHealth
Rabu, 25 Feb 2015 19:16 WIB
ilustrasi (Foto: Thinkstock)
London - Studi yang dilakukan peneliti The King's College London, Inggris, menunjukkan bahwa alergi dapat dicegah. Lewat cara mengenalkan produk kacang-kacangan pada bayi, risiko munculnya alergi dapat dikurangi secara dramatis.

Para bayi dimulai dari usia paling rendah 4 bulan diberikan produk kacang sebagai bagian dari terapi. Eksperimen yang dilakukan pada 628 bayi berisiko alergi kacang di Inggris ini menunjukkan hasil risiko timbulnya alergi ternyata dapat dipangkas hingga lebih dari 80 persen.

Baca juga: Ini Dia 5 Pemicu Alergi pada Anak

Hal serupa dikatakan peneliti dapat juga dilakukan pada sumber-sumber makanan lainnya, namun orang tua diingatkan untuk tidak mencobanya sendiri di rumah tanpa pengawasan ahli.

"Hal ini sangat menarik karena kami menyadari untuk pertama kalinya bahwa dalam hal alergi, kita dapat benar-benar mencegah penyakit ini terbentuk," kata pemimpin studi Prof Gideon Lack kepada BBC dan dikutip pada Rabu (25/2/2015).

Hal yang paling sering disarankan oleh tenaga kesehatan terkait alergi hingga saat ini adalah dengan menjauhi pemicunya atau alergen. Namun lewat studi yang telah dipublikasi di New England Journal of Medicine, cara ekspos dini terhadap alergen ini mungkin mulai bisa digunakan.

Anak yang berisiko tinggi seperti lahir dari ibu yang punya sejarah alergi kacang misalnya dikatakan oleh Lack sebaiknya segera diperiksa. "Perlu dievaluasi, dilakukan tes tusuk kulit, diberikan saran diet makanannya, dan dalam beberapa kasus dikenalkan pada kacang sejak dini," imbuhnya.

"Kami menyadari bahwa hal ini sangat bertentangan dengan saran-saran sebelumnya, tapi ini sangat penting bagi kita untuk mencegah epidemi alergi kacang pada berbagai kelompok bayi," tutup Lack.

Baca juga: 5 Keluhan yang Menandakan Tubuh Punya Alergi

(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT