Selasa, 21 Jul 2015 12:58 WIB

Agar Anak Nyaman dalam Perjalanan Pulang Mudik, Jangan Lupa Persiapan Ini

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Setelah selesai mudik, tiba saatnya untuk pulang kembali ke kota asal. Nah, agar anak tetap nyaman selama perjalanan, jangan lupa siapkan beberapa persiapan berikut.

Seperti disampaikan oleh dokter spesialis anak RS Pondok Indah (RSPI), dr M. Tatang Puspanjono, SpA, M.Klinik Ped, salah satu persiapan yang mutlak tak boleh dilupakan adalah kebutuhan utama anak. Beberapa di antaranya berupa pakaian, makanan dan minuman, obat-obatan, peralatan makan dan minum.

Selain itu, tak lupa juga siapkan peralatan lain seperti alat mandi, bantal, bedak, tempat air panas, tisu basah dan kering, popok atau diaper dan alas tidur. Semua kebutuhan dalam perjalanan sebaiknya dimasukkan ke dalam tas tersendiri agar mudah dijangkau.

"Sediakan makanan kecil yang disenangi oleh anak yang tidak membuatnya mabuk dan juga air putih secukupnya. Jika anak mudah mual, sediakan kantong plastik sebagai tempat muntah jika sewaktu-waktu anak mengalami mabuk selama perjalanan," ujar dr Tatang kepada detikHealth, seperti ditulis pada Selasa (21/7/2015).

dr Tatang melanjutkan, sebaiknya dalam perjalanan usahakan berhenti setiap 2 jam sekali agar anak mendapatkan oksigen dari luar mobil. Jangan lupa sering-seringlah menanyakan apa yang dirasakan anak.

"Misalnya, apakah ia ingin buang air, apakah ia lapar atau haus, juga apakah ada yang dirasa sakit. Jangan lupa untuk memeriksa popok anak yang belum bisa bicara," imbuhnya.

Yang tak kalah penting, bawalah mainan kesayangan anak. Ini akan membantunya merasa lebih tenang dan nyaman. Sediakan juga beberapa buku cerita dongeng yang ia sukai untuk menghilangkan kejenuhan saat perjalanan berlangsung. Namun yang tak kalah penting, kondisi hati yang sabar dan tenang juga perlu dipersiapkan oleh orang tua.

"Kesabaran sangat dibutuhkan saat Anda harus mengurusi anak jika ia mulai merasa bosan dan mulai menangis. Dengan ketenangan, maka anak juga akan merasa tenang," pesan dr Tatang.

Baca juga: Perhatikan Hal Ini Jika Hendak Ajak si Kecil Balik Mudik dengan Pesawat


(ajg/up)