Kamis, 03 Sep 2015 10:16 WIB

Studi: Menyusui Bantu Lindungi Kekambuhan Multiple Sclerosis Pada Ibu

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: Thinkstock
Jakarta - Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa menyusui secara eksklusif selama minimal dua bulan dapat membantu menurunkan risiko kekambuhan multiple sclerosis (MS) pada ibu.

"Kami menemukan bahwa wanita dengan MS yang memberikan ASI secara eksklusif memiliki risiko kekambuhan secara signifikan lebih rendah, dibandingkan wanita yang tidak menyusui sama sekali atau memberikan ASI namun tidak eksklusif," ujar salah seorang penulis studi yang terlibat dari Ruhr-University Bochum, Jerman, Kerstin Hellwig, seperti dikutip dari News Max Health, Kamis (3/9/2015).

Studi yang telah dipublikasikan dalam JAMA Neurology ini menyebutkan bahwa dalam MS, sistem kekebalan tubuh menyerang sistem saraf pusat, termasuk mielin yang mengelilingi serabut saraf.

Baca juga: Ibu Menyusui Tak Boleh Minum Es Agar Bayi Tidak Pilek? Ini Faktanya

Para ahli juga menuliskan bahwa sekitar 20-30 persen wanita dengan MS mengalami kekambuhan dalam waktu 3-4 bulan setelah melahirkan.

Hellwig dan timnya pun melakukan penelitian terhadap lebih dari 200 wanita hamil. Setelah dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan frekuensi pemberian ASI setelah melahirkan, ditemukan bahwa sekitar 38 persen dari mereka yang tidak menyusui secara eksklusif mengalami kekambuhan dalam waktu enam bulan pasca melahirkan.

Tapi hanya 24 persen dari mereka yang menyusui secara eksklusif selama dua bulan, yang kemudian mengalami kekambuhan dalam enam bulan setelah melahirkan.

"Jelas menyusui tidak berbahaya dan justru wanita dengan MS harus didukung jika mereka memilih untuk menyusui secara eksklusif karena jelas tidak meningkatkan risiko kekambuhan pasca melahirkan," imbuh Hellwig.

Lantas mengapa menyusui dapat mengurangi kekambuhan MS? Para peneliti berpendapat bahwa kuncinya kemungkinan besar adalah perubahan hormonal yang terjadi selama menyusui.

Baca juga: Ingin Perbanyak ASI dengan Obat-obatan? Perhatikan Dulu Pesan Dokter


(ajg/up)