Selasa, 06 Okt 2015 14:30 WIB

'Mencetak' Anak Kreatif

Kreativitas Bisa Terasah Saat Anak Punya Kesempatan Selesaikan Masalah

Nurvita Indarini - detikHealth
Foto: Thinkstock
Jakarta - Pernahkah suatu kali anak Anda mengatakan dirinya berantem dengan temannya di sekolah? Saat mendengar itu bagaimana respons Anda? Apakah langsung berniat datang ke sekolah untuk menyelesaikan masalah itu?

Terkadang orang tua ingin terlibat dalam semua masalah dan kegiatan anak karena tidak ingin anaknya menderita atau tersakiti. Tapi sebenarnya tidak perlu sejauh itu. Karena semua hal yang dihadapi akan membuat anak belajar. Anak sedang menyiapkan dirinya jika suatu saat harus berdiri sendiri tanpa orang tua di sampingnya.

"Jangan semua orang tua yang harus solve the problem. Beri anak ruang untuk berinisiatif menyelesaikan masalahnya. Kreativitas anak bisa terbangun dari masalah yang dia hadapi," kata psikolog anak dan remaja, Ratih Zulhaqqi, dalam perbincangan dengan detikHealth dan ditulis pada Selasa (6/10/2015).

Baca juga: Tak Melulu Serius, Belajar Sambil Melucu Bikin Anak Lebih Kreatif

Jika orang tua ingin membantu, sebaiknya berikan bantuan yang benar-benar anak butuhkan saja. Sehingga jangan sampai anak baru mendapat sedikit kesulitan, orang tua buru-buru turun tangan.

"Orang tua perlu tahu apa yang sudah anak lakukan. Jangan karena ingin instan, cepat selesai, lalu orang tua yang menyelesaikan," saran alumnus Magister Profesi Klinis Anak Universitas Indonesia yang saat ini berpraktik di RaQQi ini.

Bahwa penting untuk memahami mengasihi berbeda dengan mengasihani. Jika terus-menerus mengasihani anak, anak tidak terbiasa untuk menyelesaikan masalah yang dihadapinya.

Komunikasi dengan anak perlu terjalin dengan baik, sehingga orang tua bisa mengawasi dan memberikan bantuan yang dibutuhkan. Karena tidak ikut campur urusan anak bukan berarti orang tua sama sekali lepas tangan dengan urusan anak. Bagaimanapun dukungan orang tua diperlukan anak untuk tumbuh dan mengembangkan kreativitasnya.

Baca juga: Sepele Sih, Tapi Menggambar dan Mewarnai Punya Sejuta Manfaat untuk Anak

(vit/vit)