Jumat, 16 Okt 2015 10:50 WIB

Ketika Anak Hanya Mau Dekat dengan Salah Satu Orang Tua

Nurvita Indarini - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Ketika si kecil hanya mau dekat dengan ibunya saja, kerap kali dianggap wajar. Mungkin karena ibunya lebih banyak waktu bersama anak. Ya, mungkin anak mau dekat dengan orang tertentu karena merasa nyaman. Tapi sebaiknya ibu dan ayah punya 'kedudukan' yang sama di mata anak.

"Kedekatan dengan salah satu orang tua, ibu saja atau ayah saja, itu terkait dengan nyamannya anak. Tapi kadang ini jadi berkelanjutan, sehingga harus evaluasi," tutur psikolog anak dan remaja, Efnie Indrianie, MPsi, dalam perbincangan dengan detikHealth dan ditulis pada Jumat (16/10/2015).

Ayah dan ibu perlu sama-sama melihat pendekatan apa yang mereka terapkan kepada anak. Bisa jadi ibunya berbicara dengan lemah-lembut sehingga anak merasa nyaman, sementara ayah cenderung berbicara dengan keras.

"Ibu dan ayah seharusnya seimbang, seia-sekata. Menerapkan aturan yang sama, sehingga konsisten dijalani," imbuh Efnie.

Baca juga: Studi: Anak Pertama Lebih Besar Kemungkinan Punya Mata Minus 

Bonding atau ikatan yang kuat bisa tercipta jika bisa diciptakan waktu yang berkualitas antara orang tua dengan anak. Mungkin ayah dan ibu sama-sama bekerja, namun bukan berarti tidak bisa menyempatkan diri menciptakan waktu yang berkualitas.

"Bisa dilakukan di malam hari atau sore hari. Tidak masalah kalau orang tuanya sama-sama bekerja," sambung dosen di Fakultas Psikologi Universitas Kristen Maranatha Bandung ini.

Baca juga: Gendong Anak Tak Halangi Ibu Olahraga, Ini Buktinya 

Menurut Efnie, dengan quality time orang tua bersama anak, maka anak akan merasakan penuh figur orang tua. Upayakan tiap hari orang tua bisa memberikan senyum dan perhatian kepada anaknya.

"Di beberapa kota saat ini ada yang memungkinkan ayah dan ibu tidak berangkat kerja di waktu yang sama. Mungkin ibu berangkat pagi, sementara ayahnya lebih siang jadi bisa punya waktu dengan anaknya," papar Efnie.

Selain itu di akhir pekan, jika ibu dan ayahnya memang libur, bisa diciptakan kegiatan yang lebih mendekatkan anak dengan orang tuanya. (vit/up)
News Feed