Kamis, 04 Feb 2016 10:34 WIB

Ketika Hanya Suami atau Istri yang Ngotot Ingin Tahu Jenis Kelamin Calon Bayi

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Jelang kelahiran buah hati, wajar jika ayah atau ibu ingin mengetahui apa jenis kelamin bayinya nanti. Tapi, ada pula pasangan yang sengaja tidak mencari tahu apa jenis kelamin bayinya dan berharap hal itu akan menjadi kejutan di hari kelahirannya nanti.

Namun, bagaimana jika hanya suami atau istri saja yang ingin tahu jenis kelamin calon bayinya? Menurut psikolog klinis dr Lara Winten dari Sydney ACT Centre keputusan suami atau istri untuk mengetahui atau tidak jenis kelamin bayinya bisa dipengaruhi faktor kepribadian, pengalaman pribadi, atau pengalaman peer group mereka.

"Masalah bisa timbul ketika masing-masing pihak bersikukuh akan pandangannya untuk tidak mengetahui jenis kelamin bayinya atau mengetahui jenis kelamin bayinya. Ketika hal itu terjadi, Anda berdua bisa merasa frustasi," tutur dr Winten, dikutip dari Essential Baby, Kamis (4/2/2016).

Ia mengatakan, alih-alih melihat perbedaan pandangan tersebut sebagai situasi yang negatif, anggaplah perbedaan itu sebagai proses penguatan hubungan Anda berdua. Menurut dr Winten, perbedaan soal ingin mengetahui jenis kelamin bayi bisa menjadi salah satu landasan positif saat menghadapi perbedaan saat untuk urusan mengasuh anak di kemudian hari.

Baca juga: 5 Hal Ini Disebut Bisa Tentukan Jenis Kelamin Bayi, Benar Nggak Sih?

Ketika Anda mencoba meyakinkan pasangan supaya ia setuju dengan pandangan Anda, menurut dr Winten itu bukan solusi yang tepat. Ia menyarankan, lakukan komunikasi yang baik dan terbuka dengan pasangan. Sebab, ketika pasangan bisa menyatakan alasan di balik sebuah keputusan dengan tenang, tegas, dan penuh hormat, kompromi akan lebih mungkin didapat.

Kemudian, coba bedakan antara keinginan dengan nilai yang Anda miliki bersama pasangan. dr Winten menegaskan, nilai tidak sama dengan keinginan, kebutuhan, atau preferensi. Justru, nilai dalam sebuah hubungan lebih mengarah ke kepedulian, kejujuran, integritas, dan saling menghargai.

"Ketika Anda terhubung dengan pasangan di level yang amat dalam, seharusnya Anda mampu membuat keputusan bersama yang bisa menguntungkan Anda berdua," tutur dr Winten. Lalu, bagaimana jika diambil keputusan misalnya istri tahu jenis kelamin bayinya tapi merahasiakan hal itu dari suami?

Menurut dr Winten, hal itu mungkin bisa jadi solusi. Tapi, ia lebih mengedepankan komunikasi yang jujur di antara pasangan yang mengarah pada keputusan bersama, bukan hanya salah satu pihak saja.

Baca juga: Posisi Bercinta Bisa Tentukan Jenis Kelamin Bayi?

(rdn/vit)