Rabu, 22 Jun 2016 18:04 WIB

Dapat ASI di 6 Bulan Pertama Turunkan Risiko Anak Kena Gangguan Perilaku

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: iStock
Jakarta - Air susu ibu atau ASI merupakan sumber nutrisi yang terbaik untuk bayi. Tak cuma bagi kesehatan secara fisik, studi terbaru mengungkapkan bahwa pemberian ASI secara eksklusif di enam bulan pertama juga membantu menyehatkan psikis anak kelak.

Ya, penelitian yang dilakukan oleh Human Science Research Council di Afrika Selatan menyebutkan bahwa bayi yang diberi ASI pada enam bulan pertamanya berisiko lebih rendah untuk memiliki masalah perilaku ketika mereka tumbuh dewasa. Demikian dikutip dari Mirror, Rabu (22/6/2016).

Baca juga: Studi: Bayi Prematur yang Minum ASI Punya Jantung yang Lebih Kuat

Selain itu, para peneliti juga menemukan bahwa pemberian ASI berpengaruh terhadap perkembangan sosial dan pengambilan keputusan yang lebih baik pada anak saat dewasa.

"Durasi menyusui secara eksklusif bayi ternyata memiliki manfaat lebih besar dari yang diketahui sebelumnya, termasuk pada perilakunya. Risiko anak memiliki perilaku agresif dan harga diri lebih rendah," imbuh peneliti Tamsen Rochat.

Ditambahkan oleh Peter Singer dari Grand Challenges Canada, bahwa menyusui bisa dipertimbangkan sebagai langkah awal orang tua dalam mengembangkan perilaku positif anak.

Baca juga: Studi: Bayi ASI yang Tidak Mendapat Antibiotik Punya Sistem Imun Lebih Kuat (ajg/vit)