Senin, 01 Agu 2016 12:05 WIB

Pekan Menyusui Sedunia

Yuk Dukung Ibu Menyusui Kapan Saja dan di Mana Saja

Nurvita Indarini - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Tanggal 1 hingga 7 Agustus 2016 merupakan Pekan Menyusui Sedunia. Para ibu menyusui, Anda didukung untuk menyusui kapan saja dan di mana saja.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyebut Pekan Menyusui Sedunia tiap tahun diperingati sebagai langkah untuk mendorong aktivitas pemberian air susu ibu. Dampak jangka panjangnya, para bayi di seluruh dunia bisa meningkat kesehatannya. Sebab ASI adalah makanan terbaik bagi bayi.

"Tahun ini WHO mendorong masyarakat untuk 'mendukung para ibu menyusui kapan saja dan di mana saja'. Seluruh masyarakat memiliki peran untuk mewujudkan komunitas yang lebih ramah menyusui," begitu pernyataan WHO di situsnya.

Baca juga: Sambut Pekan Menyusui Sedunia, PBB Dukung Gerakan Selfie Menyusui

WHO menyebut ASI merupakan nutrisi terbaik bagi bayi. Karena itu WHO merekomendasikan pemberian ASI secara eksklusif sejak sejam pertama kelahiran hingga bayi berusia enam bulan. Usia enam bulan ke atas, bayi mendapat makanan pendamping, namun ASI tetap dilanjutkan hingga anak berusia dua tahun atau lebih.

Tema Pekan Menyusui Sedunia tahun ini adalah 'Menyusui, Kunci Pembangunan Berkelanjutan'. Dipaparkan Dr Omer-Salim, penulis utama di WBW 2016 Calendar Announcement, seperti dikutip dari situs badan dunia yang membidangi kemanusiaan dan kesejahteraan anak (UNICEF) mengatakan pembangunan berkelanjutan berarti pembangunan yang memenuhi kebutuhan saat ini tanpa mengorbankan kemampuan generasi yang akan datang untuk memenuhi kebutuhannya sendiri.

"Menyusui adalah kunci pembangunan berkelanjutan. Utamanya melalui kaitan antara menyusui dengan gizi dan keamanan pangan; kesehatan, pembangunan dan kelangsungan hidup; pencapaian potensi pendidikan serta produktivitas ekonomi. Juga fakta bahwa menyusui adalah metode pemberian makanan yang ramah lingkungan," tutur Salim.

Baca juga: Demi Kesehatan dan Kecerdasan Anak, Yuk Berikan ASI Eksklusif

(vit/up)