Rabu, 12 Okt 2016 12:38 WIB

Trik Melanie Putria Ajarkan Anak Sikat Gigi: Bikin Show di Rumah

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: ajeng
Jakarta - Demi membuat buah hatinya mau rutin menyikat gigi, Melanie Putria memilih menggunakan cara yang tak biasa: membuat pertunjukan yang diakhiri dengan sesi menyikat gigi bersama setiap malam.

Ya, cara ini dilakukan Melanie agar Sheemar Rahman Puradiredja (5) mau rutin menyikat gigi malam sebelum tidur.

"Saat usia 2 atau 3 tahun sempat ada momen memang di mana dia malas sikat gigi malam sebelum tidur. Tiap disuruh dia pasti nangis, pernah aku sampai gendong dan aku sikatin giginya. Aku pikir bagaimana ya caranya supaya dia paling tidak senang dengan rutinitas itu, akhirnya aku berpikir bikin show dia," ujar Melanie.

Ditemui dalam acara peluncuran 'Cerita Petualangan Mama Sigi dan Pepo' di Hotel Mulia, Jl Asia Afrika, Senayan, Jakarta, Senin (11/10/2016), Puteri Indonesia 2002 menceritakan ide tersebut muncul karena ia melihat bakat terpendam yang dimiliki Sheemar.

Baca juga: Punya Pengalaman Kena Kista, Agni Pratistha Sarankan Rajin Periksa ke Dokter

Istri dari penyanyi Angga Puradiredja ini melihat bahwa putranya memiliki bakat bernyanyi. Selain itu, Sheemar juga senang tampil di depan keluarga. Ide membuat pertunjukan tiap malam sebelum tidur ini pun berhasil mengambil hati Sheemar.

"Jadi kita bikin show setiap malam. Dia naik ke atas panggung-panggungan, tapi sikat gigi jadi mic-nya. Dia pakai kostum juga, kan dia suka superhero tuh. Dia jadi superhero terus sambil nyanyi lagu kesukaan dia. Nanti penutupnya kita sikat gigi bareng-bareng," tutur Melanie.

Terbukti, di usianya yang sudah mencapai 5 tahun, kini Sheemar sudah terbiasa menyikat giginya setiap malam sebelum tidur. Melanie pun bersyukur ide yang ia cetuskan tersebut membuahkan hasil yang tak mengecewakan.

"Selain itu, nilai lebihnya dia semakin tidak takut tampil di depan umum. Dia juga suka memberi tahu ke sepupunya kalau malas sikat gigi nanti ada bakteri," imbuh wanita yang punya hobi lari tersebut.

Untuk urusan ke dokter gigi, Melanie mengaku beruntung karena dirinya punya kenalan dokter gigi anak yang punya banyak ornamen khas anak-anak di ruang praktik. Meski terkesan sepele, hiasan-hiasan ini dikatakan Melanie berhasil membuat Sheemar tak takut saat diajak ke dokter gigi.

"Iya jadi banyak banget ornamen yang lucu-lucu di dalam ruangannya, alatnya juga disarungin sama tempelan lucu, ini bikin Sheemar malah mau ke dokter gigi terus karena suasananya happy. Itu penting, anak dibikin happy dulu pokoknya," terang Melanie.

Baca juga: Jadi Ayah 'Sibuk', Dude Herlino Tetap Sediakan Waktu Khusus Anak

(ajg/vit)