Selasa, 01 Nov 2016 19:15 WIB

Makan Es Krim Bisa Bikin Anak Batuk dan Pilek, Mitos atau Fakta?

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Es krim merupakan salah satu asupan jajanan yang paling disukai oleh anak-anak karena rasanya yang manis dan dingin. Sayangnya, asupan ini justru sering dianggap tak sehat karena memicu batuk pilek pada anak.

Faktanya, dr Meta Hanindita, SpA menuturkan bahwa es krim atau minuman dingin sebenarnya tidak menyebabkan batuk maupun pilek. Tapi ingat ya, bukan berarti anak lantas boleh diberikan jajanan dingin sebanyak-banyaknya.

"Walaupun es krim atau minuman dingin tidak menyebabkan batuk dan pilek, tapi tetap bisa jadi pemicu. Kalau anak mengalami batuk pilek setelah makan es krim, ini terjadi karena kondisi tubuhnya memang sedang menurun," tutur dokter spesialis anak RSUD Dr Soetomo Surabaya tersebut.

Baca juga: Catat! Ini Bedanya Flu, Pilek dan Common Cold pada Anak

Seperti diketahui, influenza (atau yang sering disingkat sebagai flu) dan common cold yang memiliki gejala pilek disebabkan oleh virus. Penyakit yang menyerang sistem saluran napas ini bisa disebabkan oleh virus influenza ataupun rhinovirus. Variasi virusnya sendiri ada bermacam-macam.

Oleh sebab itu, ketika daya tahan tubuh anak sedang menurun, ia menjadi lebih mudah terserang virus. Sehingga penyebabnya bukan mutlak dari konsumsi es krim saja.

Konsumsi es krim dalam kondisi tertentu justru baik bagi anak-anak lho, salah satunya saat anak sedang sariawan. Konsumsi makanan atau minuman dingin memang dapat membantu mengurangi nyeri. Apalagi saat sariawan, anak umumnya merasa sakit luar biasa sehingga menolak makan.

"Dengan memberikan es atau minuman dingin, nyeri akibat sariawan bisa berkurang dan diharapkan ia mau makan," terang dr Meta.

Baca juga: Seberapa Ampuh Vaksinasi Cegah Flu pada Anak? Ini Kata Bu Dokter (ajg/vit)