Kamis, 15 Des 2016 19:03 WIB

Ini Sebabnya Anak Bisa Memutar Lagu Baru yang Ia Senangi Berulang Kali

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto: ilustrasi/thinkstock Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Anak baru mendengar sebuah lagu baru dan ia menyukainya. Tak pelak, anak akan memutar lagu itu berulang-ulang. Situasi ini pun kadang membuat Ayah dan Ibu bosan.

Menanggapi hal ini, psikolog anak dan keluarga Roslina Verauli MPsi, Psikolog mengatakan pada dasarnya pemahaman anak tentang keseluruhan lagu masih terbatas. Berbeda dengan orang dewasa yang ketika mendengar lagu beberapa kali saja, semua lirik dan iramanya bisa mudah diingat.

"Anak butuh ngulang-ngulang karena dia ngambil sebagian. Kalau sudah komplet, baru dia wrap up lagu ini. Makanya dia nyanyiinnya berulang-ulang. Dia ulang-ulang sampai dia hafal," tutur wanita yang akrab disapa Vera ini kepada detikHealth usai Konferensi Pers BebeHero Hi5 di Raffles Hotel, Jakarta, Rabu (14/12/2016).

Baca juga: Ini Lho Manfaat Menari dan Menyanyi Bagi Emosional Anak

Maka dari itu, ketika anak sudah menguasai lagu tersebut, maka dia akan berhenti mendengar lagu itu. Paling-paling, anak akan memutar lagu tersebut sesekali saja. Vera melanjutkan, proses 'menangkap' konten lagi terkait dengan kemampuan kognitif si kecil.

"Jadi dia nangkapnya bagian tertentu dulu, terus dipanjangin lagi. Begitu juga saat anak nonton film kan senangnya diulang-ulang. Itu karena dia masih mengambil sebagian materinya terus dipanjangin. Ini namanya kemampuan dia mengorganisir suatu konten," kata Vera.

Sehingga, ketika anak sudah bisa menyanyikan lagu dengan irama dan lirik yang sesuai, meski pelafalannya belum terlalu jelas, kemampuan dia mengorganisir konten lagu sudah baik. Dikatakan Vera, makin handal kemampuan anak mengorganisir sesuatu menandakan bahwa kemampuan otaknya makin matang.

Baca juga: Saran Psikolog, Sebaiknya Orang Tua Tak Didik Anak Jadi Princess

(rdn/up)