Selasa, 28 Feb 2017 12:03 WIB

Aksi Bayi 6 Bulan Lakukan Plank Bersama Ibunya yang Jadi Viral

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto: Facebook/ Daily Mail
Jakarta - Anak akan mencontoh apa yang dilakukan orang tuanya. Seperti bayi berusia 6 bulan ini yang menirukan gerakan plank yang dilakukan ibunya.

Bayi laki-laki tersbeut bernama Rowan McGowan. Sang ibu, Dana McGowan merupakan instruktur yoga dan gerakan plank sudah sering ia lakukan. Tanpa diduga, si kecil Rowan ternyata mampu menirukan gerakan plank yang dilakukan.

Dalam video yang direkam oleh Caters News, tampak Rowan pertama kali sukses bertahan dalam posisi plank selama 34 detik. Kemudian, ia menjatuhkan tubuhnya dan mencoba kedua kali.

"Oh, kamu mau mencobanya lagi? Good job Rowan. Ibu sangat bangga padamu. Ayo Rowan," kata Dana dalam video berdurasi 1 menit 2 detik yang diunggah di Facebook Daily Mail. Tapi, Rowan belum berhasil karena kaki kecilnya sulit untuk bertahan dalam posisi itu.

Saat Rowan belum berhasil, tampak Dana tetap mengapresiasinya dan mencium bayinya itu. Sejak diunggah di akun Facebook Daily Mail pada 23 Februari lalu, video aksi plank Rowan sudah dilihat lebih dari 13 juta kali dan dibagikan lebih dari 119 ribu kali.

Video ini juga mendapat 36 ribu lebih komentar dari netizen. Mayoritas netizen takjub dengan aksi Rowan dan merasa terinspirasi bahwa kegiatan olahraga juga bisa mengasyikkan untuk bayi. Dana pun turut menyampaikan komentarnya di video tersebut.

"Hai, saya adalah ibu bayi di video itu. Terima kasih untuk cinta dan dukungan Anda. Rowan adalah anak kecil yang sangat istimewa dan saya kaget dia meniru apa yang saya lakukan. Tujuan dari video ini untuk menginspirasi orang lain dan menunjukkan momen indah antara ibu dan anak. Saya sudah mengajar yoga selama 3 tahun dan saya janji saya tahu bagaimana melakukan plank dengan baik," tutur Dana.

Netizen bernama Hannah Edmondson berkomentar bahkan Rowan bisa melakukan plank lebih lama dari dirinya. Sementara, Jimi Baxter mengatakan apa yang dilakukan Dana dan Rowan amat inspiratif. Ia pun tak akan segan melakukannya dengan bayinya nanti.

Baca juga: Seru! Saat Pasangan Suami Istri Ini Ajak 2 Anak Balitanya Olahraga Bareng

"Kadang saya berguling dengan bayi saya. Nyatanya, dia melakukannya lebih baik dari saya. Kami memiliki waktu luar biasa untuk tertawa dan membuat dia berani bermain dan mengeksplorasi lingkungan sekitarnya," tulis Alida Dahsyla.

Dikutip dari Share Care, dokter spesialis anak Dr Diana K. Blythe, MD, mengatakan latihan kekuatan baik untuk anak-anak. Cara sederhana yang bisa dilakukan, ajak si kecil tengkurap dan mendorong lengannya ke atas dengan posisi kaki lurus dan terentang ke belakang.

"Coba angkat lengan dan kaki dari lantai dan tahan posisi itu selama 10 sampai 20 detik. Semakin bertambah usia anak, durasi menahan tubuh bisa pula ditambah," kata Blythe.

Gerakan ini, pastinya disesuaikan dengan kemampuan anak. Di usia 6 bulan ketika anak umumnya sudah bisa tengkurap dan sedikit mengangkat tubuhnya, gerakan seperti ini bisa saja sudah mampu ia lakukan. Tapi, tetap yang terpenting yakni perhatikan kemampuan dan keselamatan anak dalam melakukan aktivitas apapun ya Bunda.

Baca juga: Anak Langsung Mau Berdiri Tanpa Belajar Merangkak, Wajar atau Tidak?

(rdn/vit)