Minggu, 30 Apr 2017 10:01 WIB

Cara yang Disarankan untuk Menyusui Bayi Kembar

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Menyusui satu bayi kadang bisa timbulkan kesulitan tersendiri. Apalagi jika ibu harus menyusui bayi kembar. Nah tentu diperlukan cara yang tepat untuk menyusuinya.

Menurut dr Boyke Dian Nugraha SpOG MARS hal terpenting dalam menyusui bayi kembar adalah menggunakan kedua payudara. Misalnya dengan menyusui secara bergantian menggunakan payudara kanan dan kiri.

"Jadi mungkin saat nyusuin sebelah kiri lima menit lalu sebelah kanan lima menit. Dengan begitu gizi air susu ibu (ASI) bisa seimbang dari kedua payudara," ucap dr Boyke dalam acara 'ASI Untuk Generasi Berprestasi' di Max One Hotel, Jalan Pemuda, Ramawangun, Jakarta Timur, Sabtu (29/4/2017).

Baca juga: Cerita Wanita Lahirkan Bayi Kembar di Usia 58 Tahun

Hal tersebut, kata dr Boyke perlu dilakukan pada setiap bayi. Sebab selain pemenuhan keseimbangan gizi, jika bayi satu dan bayi lainnya hanya dibiasakan menyusui pada satu sisi, dikhawatirkan bayi nantinya hanya akan mau menyusu pada satu sisi saja.

"Kalau bayi yang satu dibiasain sebelah kanan dan yang lain sebelah kiri terus nanti malah kebiasaan nyusunya gitu (posisinya)," sambung dokter yang lahir di Bandung ini.

Beberapa waktu lalu, dr Asti Praborini SpA IBCLC mengingatkan ibu yang menyusui bayi kembar untuk lebih sering mengonsumsi makanan yang seimbang dan bergizi. Ini terkait dengan zat gizi si ibu.

"Sebab ibu menyusui tidak boleh lemas. Karena kekurangan asupan agar ibu tetap dapat memberikan ASI eksklusif," kata dr Asti.



Baca juga: Menggemaskan! Ketika 3 Pasang Bayi Kembar Tiga Dipotret Bersama

(rdn/up)