Kamis, 04 Mei 2017 16:31 WIB

Jelang Melahirkan Bu Guru Ini Masih Bikin Rencana Pembelajaran

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto: Facebook/ Rooled in Love Photography
Jakarta - Dedikasi tinggi. Dua kata tersebut bisa saja menggambarkan apa yang dilakukan wanita bernama Jennifer Pope. Di waktu-waktu jelang bersalin, Pope yang berprofesi sebagai guru masih berusaha menyelesaikan 'tugasnya'.

Kala itu, Pope menyelesaikan rencana pembelajaran untuk murid-muridnya. Apa yang dilakukan Pope ini diabadikan oleh Andrea McDonald. Dalam foto yang diunggah ke halaman Facebook-nya, Rooted in Love Photography, dituliskan Pope melahirkan satu jam setelah ia menyelesaikan tugasnya.

"Kertas-kertas itu adalah rencana pembelajaran yang akan diantarkan suaminya. Terlebih minggu depan adalah Teacher Appreciation Week di Texas, karena mereka peduli, bahkan mereka melakukannya di jelang-jelang persalinan. Tidak bohong, dia melahirkan satu jam kemudian," tulis Andrea.

Baca juga: Ketika Selendang Dimanfaatkan untuk Mengurangi Nyeri Melahirkan

Kepada Fit Pregnancy, Pope mengatakan dia melahirkan dua minggu lebih cepat dari tanggal perkiraan dan saat itu, Pope belum menyelesaikan rencana pembelajaran untuk anak didiknya. Terlebih, setelah melahirkan Pope akan cuti selama beberapa waktu. Dia mengatakan memiliki support system di sekolah tempatnya mengajar namun hanya dialah satu-satunya guru yang mengajar murid-murid kelas 2.

"Dan untuk itu saya ingin memastikan anak murid saya baik-baik saja serta memiliki transisi yang baik ketika saya cuti," ujar Pope. Sudah pasti, rencana pembelajaran diselesaikan Pope sembari ia merasakan kontraksi.

Seperti ibu lain, Pope merasa apa yang dia lakukan memang sudah semestinya dia lakukan. Namun, dia tidak menyangka banyak orang yang merespons positif atas apa yang ia lakukan. Apalagi, sebagai seorang guru Pope merasa sudah seyogianya dia memberikan yang terbaik untuk anak didiknya.

Sejak diunggah pada 27 April lalu, foto Pope sudah dibagikan lebih dari 7.100 kali. Sekitar 21 ribu pengguna Facebook pun memberikan emoticon like, love, dan gasp. Sementara, ada 801 komentar di foto ini. Mark Weiss yang sudah mengajar selama 40 tahun mengatakan memang itulah dedikasi seorang guru. Berangkat dari pengalamannya, Weiss memang tetap membuat rencana pembelajaran untuk muridnya sebelum cuti.

Bahkan, ketika sang anak sakit atau ada sanak saudara yang meninggal. Sementara, netizen lain bernama Angela Graber mengatakan Pope adalah guru yang luar biasa. Senada dengan Graber, Lety Gerred menguji ketulusan Pope yang menurutnya bekerja dengan hati.

"Saya sangat cinta dengan ini. Jennifer Pope, kamu adalah yang terbaik," tulis Marcy Lacy.

Baca juga: Benarkah Melahirkan dalam Posisi Jongkok Lebih Baik dari Metode Bersalin Lain?

(rdn/vit)