Senin, 15 Mei 2017 17:12 WIB

Tekad Ibu Susui Bayinya Meski Punya Bekas Luka Bakar Hebat Sebadan

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Foto: Facebook/Ivette Ivens Foto: Facebook/Ivette Ivens
Jakarta - Saat masih berusia dua tahun, kediaman Schamica Stevenson di Michigan terbakar. Ia berhasil selamat tetapi mengalami luka bakar hebat di sekujur tubuhnya.

Nyatanya, meski sudah menjalani pencangkokan kulit, kondisi kulitnya tak sepenuhnya membaik. Bahkan ini mempengaruhi kepercayaan dirinya.

Hingga kemudian di usia 20 tahun, wanita yang akrab disapa Mimi itu mengandung anak pertamanya. Saat itu ia mulai dihantui kekhawatiran karena bekas luka bakar di perutnya.

Apalagi dokter yang membantu persalinannya juga ikut kesulitan memberikan suntikan epidural atau penahan nyeri ke dalam tubuhnya, akibat luka tersebut.

Karena alasan yang sama, Mimi pun enggan menyusui anak pertamanya. "Waktu itu usia saya juga masih terlalu muda dan tidak sabaran," tandasnya.
Tekad Ibu Susui Bayinya Meski Punya Bekas Luka Bakar Hebat SebadanFoto: Facebook/Schamica Stevenson

Baca juga: Dukung ASI, Ibu Ini Menyusui Bayinya di Ruang Parlemen

Kini anak keduanya, Josia telah lahir. Didasari penyesalan pada anak pertamanya dan menyaksikan saudara-saudaranya menyusui, Mimi terdorong untuk melakukan hal serupa. "Kali ini saya bertekad melakukannya," tegas Mimi seperti dilaporkan BBC.

Namun tekad Mimi ini masih harus terhalang sejumlah persoalan. Selain jarak usia anak pertama dan kedua yang mencapai 14 tahun serta dua kali keguguran yang dialaminya, suplai ASI Mimi terbilang rendah.

Karenanya, ia terpaksa menyusui bayinya dengan bantuan alat pemompa ASI dan injeksi. "Untungnya ada suster yang mau membantu walaupun awalnya sangat sulit," kisahnya.

Tiap tiga jam, ia memeras ASI-nya. Itupun ASI yang dihasilkan tak begitu banyak namun ia tak mau menyerah begitu saja. Belum lagi ia harus menyusui dengan menahan rasa sakit pada kulitnya.

Mimi dan kegiatannya menyusui Josia dalam keadaan tubuh penuh luka bakar pun diabadikan oleh fotografer Ivette Ivens. Ia juga memberi caption untuk Mimi sebagai 'Ibu dua anak. Penyintas kebakaran. Pejuang ASI'.

Wanita yang kini menginjak usia 34 tahun itu berharap foto-fotonya akan memberikan inspirasi kepada para ibu muda dan meningkatkan kepercayaan diri mereka, bagaimanapun rupa tubuhnya.

"Saya tidak mendapatkan kepercayaan diri ini dalam semalam, tapi saya sangat gembira karena memilikinya sekarang. Saya ingin kisah ini membantu ibu-ibu lain agar tidak menyerah, dan biarkan payudara kalian bekerja sesuai keinginan alam," pungkasnya.

Baca juga: Saat Nadia Mulya Tak Malu Susui Putranya di Depan Umum (lll/vit)
News Feed