Selasa, 23 Mei 2017 12:04 WIB

Bincang Sehat

Video: Beberapa Kesalahan yang Dilakukan Ortu Saat Anak Demam

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Foto: 20detik
Jakarta - Orang tua mana yang tidak panik ketika anaknya demam? Berbagai cara pasti akan dilakukan untuk membuat si buah hati sehat dan ceria kembali.

Namun menghadapi anak demam terkadang tidak semudah yang dibayangkan. Apa yang selama ini diyakini benar di masyarakat, belum tentu tepat diberikan jika dilihat dari sisi medis.

Sebagai contoh adalah ketika harus mengompres anak. Sebagian orang tua terbiasa memberikan kompres hangat, sementara sebagian yang lain memberikan kompres dingin untuk tujuan yang sama yakni menurunkan suhu tubuh si kecil.

"Jika kita mengompres dengan air dingin, suhu akan meningkat karena tubuh akan mengompensasi dengan menggigil sehingga demam akan semakin tinggi," kata dr Marlyn Cecilia Malonda SpA dari RS Mayapada Tangerang.

Baca juga: Cegah Infeksi, Perlukah Buang Air Kecil Setelah Bercinta?

Video: Beberapa Kesalahan yang Dilakukan Ortu Saat Anak DemamFoto: 20detik


Begitu juga ketika harus memilih pakaian. Meski ada orang tua yang memilih memberikan selimut tebal pada anak yang sedang demam, dr Marlyn lebih menganjurkan pakaian yang longgar dan nyaman.

"Lebih nyaman dipakai sehingga proses penurunan demam lebih optimal," katanya.

Lebih detail tentang kesalahan-kesalahan yang dilakukan orang tua saat anaknya demam bisa disimak dalam video Bincang Sehat berikut ini:



Video: Yang Kamu Perlu Tahu Soal Kanker Serviks, Penyakit yang Menyerang Jupe

(up/vit)