Sabtu, 27 Mei 2017 15:05 WIB

17 Tahun Menanti Akhirnya Pasangan Ini Dikaruniai Bayi Kembar 6

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Adeboye dan Ajibola Taiyo (Foto: VCU Medical Center) Adeboye dan Ajibola Taiyo (Foto: VCU Medical Center)
Jakarta - Pasangan Adeboye dan Ajibola Taiwo mengaku tak kunjung dikaruniai keturunan hingga 17 tahun lamanya. Selama itu pula mereka tak henti-hentinya mencoba dengan berbagai cara.

Hingga akhirnya pada bulan Januari lalu mereka mendengar kabar gembira. Menurut keterangan rumah sakit, awalnya pasangan ini sudah begitu gembira mendengar suara detak jantung empat janin ketika pertama kali menjalani ultrasound pada bulan November tahun lalu.

Namun mereka baru tahu jika bayi yang dikandung Ajibola bukanlah empat, melainkan enam pada bulan Januari.

"Saya sangat gembira, karena ini untuk pertama kalinya kami menanti kehadiran buah hati," kata Adeboye seperti dilaporkan news.vcu.edu.

Keenamnya lahir dengan selamat pada tanggal 11 Mei lalu lewat operasi caesar di Children's Hospital of Richmond, VCU Medical Center. Saat melahirkan, usia kandungan wanita asli Nigeria ini baru memasuki 30 pekan.

Keenam bayinya terdiri atas tiga bayi laki-laki dan tiga bayi perempuan dengan berat bervariasi mulai dari 1,6 pound (0,73 kg) hingga 2,9 pound (1,33 kg).

Bagi kembar 6 Adeboye dan Ajibola TaiyoBagi kembar 6 Adeboye dan Ajibola Taiyo/ Foto: VCU Medical Center


Baca juga: Sextuplet, Seorang Ibu Lahirkan Bayi Kembar 6 Lahir dengan Selamat

Tak hanya pasangan ini yang berbahagia. Kebahagiaan pun terpancar dari tim dokter dan staf rumah sakit yang membantu persalinan Ajibola.

"Tidak setiap hari kami mendengar ada orang tua yang membawa enam bayi sekaligus jadi kami memberinya dukungan dan dorongan sebanyak mungkin," kata Ronald Ramus, MD, direktur Division of Maternal-Fetal Medicine, VCU Medical Center.

Apalagi ini adalah kembar enam pertama yang dilahirkan di rumah sakit ini. Untuk membantu persalinannya, rumah sakit mengerahkan tim yang terdiri atas 40 orang staf.

"Biasanya kami hanya menangani satu-dua bayi prematur untuk sekali waktu dan masih ada jeda di antaranya. Tetapi baru kali ini kami harus bekerja lebih keras karena menangani enam bayi prematur sekaligus yang dilahirkan berurutan," imbuh Susan Lanni, MD yang khusus menangani keenam bayi tersebut pasca persalinan.

Ajibola telah diperbolehkan pulang sejak tanggal 18 Mei, namun keenam putra-putrinya tetap dalam perawatan di NICU. Meski demikian pihak rumah sakit memastikan keenam bayi tersebut dalam keadaan sehat dan kedua pasangan ikut aktif memantau buah hati mereka.

Centers for Disease Control and Prevention menyebut di tahun 2015 terjadi hampir 4 juta persalinan di AS. Namun hanya 24 kejadian di antaranya yang melahirkan bayi kembar lima. Sedangkan untuk kasus bayi lahir kembar enam lebih jarang lagi.

Baca juga: Menanti Munculnya si Buah Hati Hingga 25 Tahun (lll/vit)
News Feed