Jumat, 25 Apr 2014 17:38 WIB

Darah Nifas Pasca Operasi Caesar Lebih Banyak dari Persalinan Normal

- detikHealth
Ilustrasi (Foto: thinkstock)
Jakarta - Setelah melahirkan bayi, seorang wanita akan mengalami perdarahan yang biasanya disebut nifas. Dibanding dengan persalinan normal, darah nifas yang keluar setelah operasi caesar justru lebih banyak. Kenapa demikian?

Setiap ibu yang baru melahirkan pasti mengalami perdarahan (lochia) atau yang lebih dikenal dengan istilah nifas, baik setelah persalinan normal atau lewat operasi caesar. Ini adalah cara tubuh menghilangkan lapisan rahim setelah persalinan.

Perdarahan akan berubah warna dan menjadi lebih ringan karena rahim mulai pulih dan kembali ke ukuran sebelum hamil. Pada awalnya, aliran darah akan berat dan merah cerah, dan mungkin disertai gumpalan di dalamnya.

Secara bertahap warnanya akan berubah menjadi merah muda atau cokelat, dan akhirnya kuning keputihan. Perdarahan nifas bisa berlangsung sedikitnya dua hingga tiga minggu, atau selama enam minggu setelah melahirkan bayi.

"Perdarahan nifas pada wanita pasca operasi caesar lebih banyak dibanding kelahiran normal," jelas dr Hari Nugroho, SpOG, dari Divisi Ginekologi Onkologi Departemen Obstetri dan Ginekologi RSUD dr Soetomo Surabaya, kepada detikHealth, Jumat (25/4/2014).

Hal ini menurut dr Hari terjadi karena adanya tambahan luka sayatan pada dinding rahim. Walaupun tidak ada perbedaan masa berhenti sekitar 4-6 minggu pasca melahirkan.

"Keadaan yang berbahaya adalah apabila didapatkan perdarahan yang sangat hebat, pusing, perdarahan berbau tidak sedap disertai demam tinggi," tutup dr Hari.





(mer/vit)
News Feed