Jumat, 07 Feb 2014 07:33 WIB

Ini Dia Olahraga yang Aman Dilakukan Ibu Hamil

- detikHealth
Ilustrasi (Foto: thinkstock) Ilustrasi (Foto: thinkstock)
Jakarta - Kondisi hamil pastinya tidak menjadi alasan para wanita untuk absen olahraga bukan? justru dengan olahraga bisa membantu stamina si ibu maupun bayinya tetap prima. Namun, yang sering jadi masalah yakni olahraga apa yang sebenarnya aman untuk ibu hamil?

Menurut Dr dr Dwiana Ocviyanti, SpOG (K), dari Departemen Obstetri Ginekologi FKUI/RSCM, pada dasarnya wanita hamil bisa melakukan berbagai macam olahraga asalkan kondisinya sudah dicek terlebih dulu dan sebelumnya ia sudah terbiasa melakukan olahraga tersebut.

"Misalnya dia sudah biasa angkat besi, saat hamil kondisinya dicek bagus ya dia angkat besi nggak masalah," ujar dr Ovi. Nah, dikutip dari Boldsky, Jumat (7/2/2014) ini dia beberapa jenis olahraga yang relatif aman dilakukan ibu hamil:

1. Berenang
Bagi wanita yang ingin berenang selama hamil, olahraga ini dikatakan aman. Tapi yang perlu diingat, mereka harus melakukan gerakan yang lembut dan tidak dipaksakan. Sebisa mungkin, berenanglah di kolam renang yang sepi untuk menghindari kontak dengan orang lain yang mungkin terjadi dan bisa meningkatkan risiko Anda cedera.

2. Jogging
Jogging atau minimal berjalan kaki baik dilakukan selama masa kehamilan. Asalkan, Anda tidak memiliki kondisi medis yang bisa menimbulkan kontraindikasi. Selam Anda melakukan jogging dalam waktu cukup dan tidak terlalu lelah maka tidak ada masalah.

3. Olahraga raket
Olahraga seperti tenis atau bulutangkis juga bisa lho jadi alternatif asalkan saat melakukan perputaran tubuh ketika memukul bola tidak terlalu keras Anda lakukan. Minta juga partner melakukan ini sebagai pertandingan pershabatan sehingga saat Anda merasa lelah, sah-sah saja jika beristirahat terlebih dulu.

Tapi, ada juga olahraga yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil, seperti berikut ini:

1. Permainan outdoor dan angkat beban
Kasti atau baseball sebaiknya Anda hindari karena ini bisa membuat tubuh terforsir hingga risiko keguguran pun bisa meningkat. Apalagi dengan olahraga angkat beban yang notabene Anda harus mengerahkan tenaga untuk mengangkat beban yang berat. Kecuali, jika sebelumnya Anda memang atlet angkat beban, maka tak akan jadi masalah.

2. Permainan beregu
Selama hamil, sebaiknya hindari permainan beregu seperti basket, voli, atau sepak bola. Sebab, selain menguras tenaga, permainan ini juga membuat Anda sering melakukan kontak dengan orang lain yang membuat tubuh lebih berisiko mengalami cedera misalnya jatuh atau mengalami benturan.

3. Olahraga petualangan
Memang terlihat seru ketika melakukan ski air, terjun payung, scuba diving. ataupun seni bela diri. Tapi tahan dulu keinginan itu jika Anda sedang berbadan dua. Mungkin kondisi fisik bisa mumpuni, tapi ingat olahraga semacam ini juga bisa meningkatkan hormon adrenalin yang berpengaruh pada kondisi janin Anda.

(rdn/vit)