ADVERTISEMENT

Senin, 10 Mar 2014 17:45 WIB

Tak Pede Banyak Selulit Pasca Melahirkan? Yuk, Atasi dengan Cara Ini

- detikHealth
ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Salah satu kondisi pasca melahirkan yang membuat wanita tak percaya diri selain pertambahan berat badan adalah munculnya selulit. Tak bersifat permanen, selulit bisa diatasi dengan cara mudah, lho.

"Selulit merupakan munculnya benjolan lemak yang mendorong jaringan ikat kulit, sehingga muncul struktur tampilan bergelombang dan tidak rata. Kebanyakan kondisi ini dialami oleh wanita yang kelebihan berat badan dan cenderung dihubungkan secara genetik. Jadi, jika ibu Anda memiliki selulit, Anda sangat mungkin akan memilikinya juga," papar Dr Kiran Lohia, MD, seperti dikutip dari Health Me Up, Senin (10/3/2014).

Terdapat 3 tingkatan dalam selulit. Pada tingkat pertama, selulit akan terlihat jika Anda melakukan biopsi. Sementara pada tingkat kedua, kulit mulai menunjukkan perubahan struktur, termasuk sifat pelekatan kulit, suhu tubuh menjadi sedikit lebih dingin dan elastisitas berkurang. Sedangkan pada tingkat ketiga, struktur kulit jeruk khas selulit akan terlihat jelas.

"Selulit dapat menjadi lebih buruk akibat banyak penyebab, termasuk diet yang tak sehat, penurunan berat badan yang cepat atau berulang, perubahan hormon, kurang olahraga, faktor gaya hidup, dan dehidrasi," lanjut Dr Lohia.

Selain itu, selulit biasanya kurang terlihat pada seseorang dengan warna kulit yang lebih gelap, sehingga mereka yang warna kulitnya lebih cerah maka selulit pun akan semakin terlihat jelas.
 
Untuk menyingkirkan selulit, hal yang paling penting dilakukan adalah mulai berolahraga. Lakukan minimal lima kali dalam sepekan, selama 45 menit sampai satu jam setiap sesinya. Jika Anda memiliki pekerjaan yang mengharuskan Anda untuk selalu duduk, cobalah untuk tidak duduk di satu tempat dalam waktu yang lama. Bangun dan berjalan-jalan setiap 20-30 menit atau lebih akan sangat membantu.

Anda juga harus minum cukup air putih. Seperti telah disebutkan sebelumnya, dehidrasi akan meningkatkan keparahan selulit. Selain itu, cara lain mengatasi selulit adalah dengan memperbaiki pola dan menu diet. Pastikan menu makanan Anda sehari-hari kaya akan buah-buahan, sayuran, dan serat. Tak lupa, singkirkan jauh-jauh konsumsi makanan olahan yang berlebihan.

Lantas bagaimana dengan penggunaan krim tropikal yang banyak dijual di pasaran dan diklaim mampu mengatasi selulit?

"Sayangnya belum ada penelitian yang membuktikan hal tersebut. Beberapa jenis krim hanya memiliki efek sementara. Namun sampai saat ini belum ada yang bisa menghilangkan selulit secara permanen. Jika Anda ingin mencobanya, disarankan Anda menggunakannya secara teratur dan dalam gerakan mengarah ke atas," terang Dr Lohia.

(ajg/vit)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT