Kamis, 29 Jan 2015 09:37 WIB

3 Teknik Pijat untuk Redakan Pegal dan Nyeri Otot pada Ibu Hamil

- detikHealth
Ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Pegal dan capek lumrah dialami ibu hamil apalagi jika perutnya sudah mulai membesar. Untuk mengatasinya, pemijatan selaam 10 menit bisa dilakukan guna membantu mengurangi rasa capek, pegal, dan nyeri otot yang dialami si ibu.

"Kehamilan menimbulkan perubahan secara fisik, mental, dan emosional. Nah, pijat bisa membantu meringankan rasa sakit pada otot dan sendi, menenangkan sistem saraf dan memungkinkan Anda untuk bersantai sejenak, walaupun hanya beberapa menit," tutur Katrina Baker, terapis pijat berlisensi dan co-founder 'Be Well Boston'.

Selain itu, dengan pijat, Baker menuturkan kadar serotonin dan dopamin sehingga Anda bisa tidur dengan lebih cepat bisa meningkat. Nah, untuk melakukan pemijatan saathamil, Anda hanya membutuhkan body lotion, jika ada, bisa dicampur dengan shea butter atau minyak kelapa.

Baca juga: Patut Dicoba, Memijat Bagian Tubuh Ini Bisa Bantu Lancarkan BAB

Pertama-tama, pijatlah perut secara perlahan. Caranya, duduk di sofa atau tempat tidur dengan beberapa bantal mengganjal punggung hingga tubuh membentuk sudut 45 derajat. Kemudian usaplah perlahan dan beri tekanan lembut di seluruh bagian perut. Cara ini juga bisa membantu mengurangi rasa gatal yang umumnya terasa di kulit perut.

Bunda juga bisa melembabkan kulit yang meregang dan mendekatkan hubungan dengan si kecil di dalam perut. Akan sangat menyenangkan bukan jika Bunda bisa merasakan si kecil bergerak ketika menggosok lembut perut Anda? Setelah perut, lanjutkan dengan memijat bagian kepala.

"Calon ibu sering merasa kelelahan dan cemas. Sehingga, penggunaan minyak peppermint atau lavender yang menenangkan bisa dicoba. Caranya, gosok pelipis bagian dalam secara lembut dengan gerakan melingkar," tutur Baker, dikutip dari Women's Health, Kamis (29/1/2015).

Baca juga: 'Peranakan Turun' Sebabkan Wanita Susah Hamil?

Kemudian, lakukan gerakan pijat searah alis. Setelah beberapa kali gerakan, tarik ke arah pelipis. Baker mengatakan gerakan ini juga bisa membantu ibu tidur lebih pulas. Setelah perut dan kepala, Anda bisa melakukan pijat di daerah punggung dengan memanfaatkan bola tenis atau yang berukuran agar besar.

Rebahkan badan dan taruh bola di belakang punggung Anda. Perlaha, lakukan gerakan naik turun agar bola bisa 'mengurut' punggung Anda. Selain itu, Anda bisa juga meminta bantuan anggota keluarga lain atau suami untuk memijat lembut punggung. "Saat berbaring, angkat perlahan kaki ke arah dada, sekuatnya saja sebab cara ini bisa melancarkan aliran darah pada bayi Anda," pungkas Baker.

(rdn/up)